TIPS JITU MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Menerapkan tip-tip berikut ini bukan hanya menjadi sekedar solusi untuk mengatasi anak susah makan, tetapi juga membantu mengembangkan kebiasaan makan yang sehat bagi anak sejak  awal.

Tips Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi Anak Susah Makan dan Membangun Kebiasaan Pola Makan yang Baik.

  1. Biarkan anak ikut berkreatifitas di dapur. Untuk anak di bawah 3 tahun biasanya apa yang dikerjakan orang tua akan dia ikuti/contoh seolah layaknya seorang professional. Seperti yang telah sedikit saya singgung pada tulisan sebelumnya yang bertajuk; 8 SUMBER MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK, bahwa jika anak bersikeras ingin membantu Anda di dapur ya jangan dilarang atau dimarahi. Seperti ikut memilah dan memotong sayuran, membersihkan buah-buahan atau malah ikut-ikutan membuat adonan kue. Justru beri dia kesempatan berkreasi, sediakan alat dan sisihkan/ sediakan bahan-bahan untuk dia praktek agar sekalian daya imajinasinya tumbuh. Ini juga kesempatan yang baik untuk Bunda ajukan syarat, boleh ikut praktek masak asal nanti kalau sudah masak ikut makan yang banyak yaa...
  2. Anda mengajak anak untuk terlibat dalam perencanaan menu dan persiapan penghidangan. Ini bagus jika anak sudah diatas 2 tahun yang nalarnya sudah tumbuh dan mulai lancar berkomunikasi. Ibu janganlah egois dengan memaksakan 100% apa yang dimasak untuk wajib dimakan anak. Baiknya tanyakan dulu si kecil pengin makan apa..., maka seringlah untuk dituruti tetapi disisipi dengan menu makanan lain yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak.
  3. Memasaklah lebih banyak, dalam arti porsinya dilebihkan, ini untuk memberikan kesempatan sesekali anak Anda mengajak teman kesayangannya turut makan bersama. Selain nanti anak Anda makan lebih lahap, kebiasaan ini juga akan memupuk jiwa sosial anak untuk berbagi kepada sesama.
  4. Suapi anak Anda dengan penuh kesabaran sambil melakukan aktivitas lain yang disukai anak, misal sambil bermain atau menyuapi anak di taman yang banyak anak-anak lain juga ide yang bagus. Tetapi jika anak sudah mulai bisa berfikir kebiasaan ini jangan diteruskan.
  5. Saat makan bersama sekeluarga di ruang makan dalam satu meja, orang tua yang baik harus menjaga suasana yang tetap menyenangkan dan tenang. Ini berarti bahwa seharusnya tidak ada ceramah dan perdebatan, baik yang ditujukan ke anak, ke kakaknya yang lebih dewasa atau perdebatan dengan pasangan Anda. Boleh sesekali ngobrol tapi yang menyenangkan saja ya, itupun porsinya jangan terlalu banyak, contohkan bahwa membahas hal-hal serius di meja makan seperti dalam adegan film-film itu tidak baik dan memang bukan budaya ketimuran kita.
  6. Ajarkan tentang cara-cara atau pola makan yang baik ala Nabi. Tentu dengan teladan bukan hanya perintah ya..., diantaranya adalah makan buah dulu sebelum makan menu utama, minum air putih dengan jarak waktu tetentu minimal setengah jam sebelum dan sesudah makan. Jangan sering-sering minum di tengah aktivitas makan, lebih baik lagi malah jangan minum kecuali darurat seperti tersedak misalnya. Ini upaya untuk tidak terlalu mencampuri kerja enzim pada air ludah maupun pada lambung. Termasuk memperhatikan idiom berupa “makanlah sebelum kelaparan dan berhentilah makan sebelum kekenyangan.” 
        Lhoo apa kaitannya semua ini dengan anak jadi susah makan?. Terlalu banyak minum di tengah makan akan mengencerkan enzim-enzim tersebut sehingga fungsinya tidak optimal yang merugikan organ pencernaan dan penyerapan zat gizi di usus halus nantinya menjadi tidak optimal. Demikian pula dengan memakan buah setelah makan, ini kebiasaan yang salah kaprah yang jika terus-menerus membuat perut tidak sehat dan nafsu makan terganggu ke depannya. Termasuk mengajarkan jangan makan terlalu banyak juga ada hubungannya dengan pembagian volume lambung agar terjaga kesehatannya. Terkait ini akan saya bahas detil pada tulisan saya di lain waktu.


Keuntungan dan Manfaat Makanan Bergizi Bagi Anak-anak

Saya mengaitkan lagi soal manfaat untuk mengajak Anda menyadari betapa pentingnya makanan bergizi yang ideal untuk anak. Sehingga jika anak Anda susah makan harus secepatnya ditemukan solusi agar jangan sampai kebutuhan nutrisinya teganggu.
  • Saat memberi anak-anak makanan bergizi, mereka akan merasa lebih baik dan tumbuh dengan lebih baik. Pada saat yang sama mereka akan memiliki lebih banyak energi sehingga mereka dapat melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk prosesnya belajar. Makanan bergizi juga akan membuat anak Anda lebih banyak energi untuk melakukan hal-hal menyenangkan di dunianya yang memang sudah seharusnya penuh warna.
  • Manfaat lain untuk memberi makanan terbaik kepada anak-anak Anda adalah mereka dapat berfungsi dan juga berkonsentrasi lebih baik di bidang akademis baik ilmu pengetahuan maupun seni. Inilah sebabnya mengapa otak mereka membutuhkan superfood sehingga anak Anda bisa bisa berpikir jernih dan memiliki daya imajinasi yang mengagumkan.
  • Saat mengajar anak-anak Anda dengan cara atau pola makan terutama poin terakhir di atas, itu juga akan membantu mereka tetap merasa puas. Ini akan bisa memperbaiki metabolisme tubuh mereka.
  • Dengan memilih makanan bergizi, itu akan memastikan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada anak Anda.
  • Pola makan yang baik dan kaya nutrisi akan menyumbang berat badan yang memadai/ ideal.
  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit.
  • Ini juga akan membantu anak Anda tidur nyenyak, ketika waktunya tidur atau membuat rileks ketika waktunya bersantai.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi dengan pola yang benar akan mencegahnya mengalami obesitas.
  • Membantu dalam perkembangan tulang yang kuat, otak yang cerdas dan alat indera yang peka. Terkait tulang dan otak abak silakan baca: NUTRISI YANG BAIK UNTUK ANAK.

Semoga bermanfaat, Jika pembaca ada yang memiliki pengalaman lain dan berkenan menambahkan melalui kotak komentar di bawah atau halaman khusus “contact us”, saya akan menerima dengan senang hati dan tentunya sangat berterimakasih.

Baca Juga;