8 SUMBER MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK

Menyediakan makanan terbaik dan bergizi tinggi untuk anak adalah penting dan menjadi tanggung jawab kita selaku orang tua yang baik. Mereka dalam masa pertumbuhan fisik dan mental maka nutrisi yang baik sangat dibutuhkan untuk mengembangkan tubuh dan pikiran yang sehat. Itulah mengapa Anda perlu memulai sejak dini mengenalkan dan melatih mereka mengonsumsi menu makanan sehat dan seimbang.

Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Makanan Terbaik dan Bergizi Tinggi untuk Anak

Untuk menjadi berpredikat ibu pintar, saat Anda sedang mempersiapkan makanan untuk anak-anak mustinya harus bisa memastikan bahwa mereka bisa mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuhnya. Sebagai sumber referensi yang barangkali dapat membantu Anda maka saya mencoba merangkum dari berbagai sumber berupa 8 makanan dengan nutrisi terbaik untuk anak-anak, sebagai berikut;

1. Sayuran yang Baik untuk Anak

Perhatikan balita Anda, mereka sebenarnya bahagia ketika berada di dapur saat ibunya memasak. Seperti halnya dengan anak saya yang begitu ceria dan ikut sok sibuk memetik sayuran seperti bayam, daun katuk dan lain-lain sebelum dimasak. Jika demikian jangan larang mereka melakukannya ya Bunda. Biarkan saja, justru kita menemaninya sambil pelan-pelan mengajaknya ngobrol dengan bahasa sederhana bahwa “nnti setelah matang “dedek” ikut memakannya bareng Ayah, bunda yaa...” biar nanti jadi cerdas dan kuat seperti Power Ranger atau cantik dan pintar seperti Cinderella . Atau apapun katakanlah biar nanti ketika besar bisa menjadi seperti superhero kesukaannya.
Beberapa sayuran lainnya yang terbaik bisa Anda perkenalkan pada anak yang sedang tumbuh antara lain bayam, brokoli, wortel, asparagus, seledri, paprika merah dan lain-lain. Jangan lupa berikan pujian setelah merekai selesai menyantapnya atau berikan hadiah kecil berupa cemilan yang mereka sukai.

2. Buah-buahan Bernutrisi Tinggi untuk Anak

Sama seperti sayuran, buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral, semuanya sama-sama baik untuk tubuh. Buah sehat yang bisa Anda dapatkan untuk dimasukkan ke dalam menu makanan keluarga diantaranya adalah blewah, kiwi, jeruk, apel, blueberry, dll.  Seperti buah melon misalnya, mayoritas anak kecil suka dengan teksturnya yang lembut dan rasa manis yang menyegarkan. Mengandung banyak vitamin C, vitamin B dan beta karoten serta berbagai jenis mineral. Sedangkan jeruk biasanya anak lebih menyukai dalam bentuk minuman, maka Anda bisa rajin membuatkannya jus jeruk. Kandungan vitamin C, E, asam folat, seng dan kalium dalam jeruk sangat baik untuk pertumbuhan fisik dan otak anak.
Selain memberikan dalam bentuk segar, Anda juga bisa memberi anak buah kering yang kaya akan zat besi, yang diperlukan saat meningkatkan energi dan kecerdasan mental mereka. Diantara jenis buah-buahan itu sudah pernah saya sampaikan di tulisan saya sebelumnya yang mana sebagian cocok untuk anak-anak. Baca: BUAH YANG KAYA ZAT BESI.

3. Oatmeal (Sereal Gandum)

Awalilah hari ceria anak Anda dengan oatmeal untuk sarapan paginya. Bahan makanan ini memberikan energi yang cukup agar anak anda lebih berprestasi di sekolah. Oatmeal juga kaya akan sumber serat yang baik untuk pencernaannya. Selain serat kadar zat besinya juga lumayan bagus sehingga tidak hanya untuk anak, bagi ibu hamil pun ini sangat disarankan. Saya sudah pernah membahas bahan makanan super ini sebagai nutrisi tambahan perangsang produksi hormon oksitosin dan sel-sel darah merah menjelang masa melahirkan. Baca: VCO untuk Ibu Hamil dan Menyusui.

4. Minyak Kelapa Murni mecukupi kebutuhan lemak baik, bagi si kecil.

Cairan ajaib yang juga dikenal sebagai minyak kelapa dara (VCO) sudah berulang kali disebutkan dalam blog ini. Bukan karena saya juga termasuk produsennya lho..., tapi saya punya alasan kuat mengapa minyak kehidupan ini selalu dilibatkan dalam setiap pokok bahasan kita. Saya mengalami banyak pengalaman luar biasa dengan VCO baik untuk anak saya maupun keluarga dan orang-orang yang saya kenal yang telah terapi menggunakannya. Baca: Beranda.
Jika dilatih dari kecil mengonsumsi VCO, maka anak akan terbiasa dengan rasanya yang cukup aneh. Banyak orang dewasa yang kurang tahan dengan rasa dan tekstur minyak ini, untuk itu membiasakan diri dari masih bayi adalah cara yang tepat. Pada intinya kandungan asam laurat yang hampir setara dengan ASI dan anti-oksidan/ antibiotik alami dalam minyak ini sebagai andalan untuk menjaga daya tahan tubuh anak, menjaga kesehatan saluran pencernaan anak dari gangguan mikroorganisme patogen. Akan tidak efektif jika kita memberikan banyak jenis makanan bergizi tinggi sementara kekebalan tubuh anak kurang diperhatikan dan daya serap pencernaan anak juga kurang baik. Maka penambahan 1 sendok teh minyak kelapa murni ke dalam apapun menu makanan anak bagi saya adalah hal yang wajib.

5. Tahu dan Tempe Bahan Makanan Sederhana Bergizi Lengkap

Keduanya adalah bersaudara karena sama-sama berbahan dasar kedelai. Badan kesehatan dunia (WHO) telah mengakui makanan ini sebagai salah satu superfood, mahakarya bidang kuliner yang sangat lengkap gizinya. Sebagai orang Indonesia saya turut bangga karena jenis lauk pauk ini adalah hasil olahan asli negara ini, yang menjadi sumber protein, vitamin B kalsium dan zat besi yang baik. Zat-zat ini sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhannya, tetapi sayang anak kurang menyukainya. Disinilah Bunda harus memberikan sentuhan kreativitas dalam mengolahnya menjadi menu masakan yang disukai anak.

6. Ubi jalar Sumber Karbohidrat yang Baik dan Antioksidan Tinggi

Di kampung saya disebut “munthul”, dan yang paling baik adalah yang berwarna merah agak ungu di bagian dalamnya. Ini termasuk jenis sayuran buah yang cukup murah, mudah dibudidaya tetapi bergizi sangat tinggi. Selain mengandung jenis karbohidrat yang bersifat ramah, juga kandungan antioksidannya juga cukup tinggi. Anak mungkin kurang suka jika hanya menyajikannya dengan direbus atau digoreng. Kita bisa membuat kreasi berupa kue, kolak, atau mie pelangi. Anda bisa mencari banyak referensi dari google tentang mie pelangi berbahan ubi ini.

7. Telur Baik untuk Pertumbuhan dan Kecerdasan Anak

Selain sebagai sumber protein, telur juga kaya dengan vitamin B, Vitamin E dan Seng. Jangan khawatir karena rata-rata anak menyukai telur, terlebih jika kita pandai mengkreasinya menjadi berbagai jenis olahan makanan yang menarik. Manfaat telur yang lainya pernah saya tuliskan dalam artikel di awal tahun 2017 ini. Baca: Ingin Anak Cerdas, Berikan Ia Tahu dan Telur.

8. Selai Kacang

Sebagai sumber lemak nabati yang baik untuk menyuplai energi cepat nomor dua setelah minyak kelapa murni. Selai kacang bisa dioleskan pada cemilan berbahan roti tawar, biasanya anak-anak menyukai hidangan ini.
Selain 8 golongan bahan makanan di atas sebetulnya masih banyak pilihan lain sebagai sumber nutrisi yang baik untuk anak. Anda bisa membaca kawan-kawannya seperti daging dan ikan pada postingan saya sebelum ini dengan tema bahasan terkait.

Artikel lain yang berhubungan: