SAYURAN PENURUN KOLESTEROL

Salam sehat dan cantik alami sepanjang hari.
Bagi yang telah membaca tulisan saya sebelumnya tentang beberapa ciri kolesterol tinggi (Baca: Ciri Kolesterol Tinggi dan Resiko Terburuknya), jangan cemas dan panik dulu jika ternyata anda mengalaminya. Anda tidak perlu buru-buru mengandalkan obat kimia sintetis untuk penanggulangan karena justru dalam jangka panjang akan mengacaukan kekebalan tubuh. Cukup biasakan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran penurun kolesterol berikut ini.

Sayuran Penurun Kolesterol

Bawang Merah

Jika Anda bermasalah dengan kolesterol, satu-satunya air mata yang harus Anda kesampingkan saat memotong bawang merah adalah air mata kegembiraan, hehehe.... Periset dari University of Colorado di Departemen Ekologi dan Biologi Evolusioner Boulder menemukan bahwa bawang merah kaya antioksidan dapat membantu mereka yang mengonsumsinya mempertahankan rasio LDL terhadap HDL yang lebih sehat. Mulai sekarang yuk perbanyak bawang merah sebagai bumbu masakan Anda. Mudah-mudahan ke depannya harga bawang merah tidak terus meroket yaa.


Buncis

Buncis tergolong sayuran hijau dengan kadar serat cukup tinggi yang sangat membantu menurunkan resiko penyakit jantung karena memeliki efek pencegahan terhadap kolesterol jahat. Merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Nutritions and Metabolism, bahwa menambahkan buncis ke dalam menu makanan wanita selama 5 minggu penuh, ternyata  signifikan dalam menurunkan kolesterol jahat mereka.

Daun Bayam

Sebuah studi Jerman yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran mentah dapat memiliki efek penurun kolesterol, jadi jangan takut menyertakan bayam sebagai sayuran pokok dalam makanan Anda. Kandungan zat besinya juga cukup tinggi, mampu menambah kadar hemoglobin darah dan efektif untuk memulihkan kekuatan juga kebugaran dengan relatif cepat. Sering-seringlah menyantap sayur bayam jangan mau kalah sama Popeye yaa.....

Kacang Polong

Sebuah studi yang dilakukan di rumah sakit St. Michael mengungkap bahwa kacang polong hijau memiliki efek penanggulangan terhadap kolesterol jahat dengan sangat baik. Untuk hasil yang lebih bagus lagi masaklah kacang polong dengan sedikit minyak zaitun dan bawang putih yang porsi nya dilebihkan. Bagi yang suka masakan lebih berminyak maka bisa menggunakan alternatif lain yang lebih aman yaitu dengan memasaknya menggunakan minyak kelapa masak atau lebih mantap lagi yang jenis minyak kelapa murni. Terkait jenis minyak masak yang baik Anda bisa mendapatkan pemahaman dengan membaca “11 Jenis Minyak Masak Sehat Terpopuler.

Selada Air

Mengkonsumsi sayur selada air adalah cara yang bagus untuk melawan penyakit jantung, meningkatkan kesehatan usus Anda, dan menurunkan kolesterol darah. Sayuran ini tetap bisa membuat lebih sehat meski Anda tidak memakannya dalam porsi besar. Hasil penelitian di Korea menunjukkan bahwa mengonsumsinya berkorelasi positif dengan penurunan kolesterol jahat, bahkan tanpa melalui penurunan berat badan.

Paprika Lonceng

Selain mampu menurunkan kolesterol, Paprika juga terkenal memberikan tekstur tampilan dan rasa yang baik pada masakan Anda. Sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan, Ann Arbor mengungkapkan bahwa makanan kaya beta karoten seperti paprika, dapat meningkatkan proporsi kolesterol HDL yang bermanfaat untuk tubuh dalam menekan Kolesterol LDL, berpotensi mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung pada mereka penderita kolesterol berlebih.

Kembang Kol

Untuk hasil yang lebih baik dalam menurunkan kolesterol Anda, sebaiknya kembang kol dikonsumsi dalam bentuk segar atau mentah. Penelitian tingkat internasional menunjukkan jika mengkonsumsi dengan teratur sangat efektif untuk menekan kadar LDL darah.

Kelapa

Nah ini dia buah beribu manfaat dari pohon kehidupan yang dapat pula digolongkan keluarga sayuran. Seringkah Anda meminum air kelapa?. Selain menyegarkan juga sangat baik untuk membersihkan darah. Untuk buah atau dagingnya menurut hasil penelitian di Sri Lanka, menunjukkan bahwa kelapa yang dilibatkan sebagai pelengkap masakan sangat ampuh menurunkan kolesterol jenis LDL yang buruk, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik jenis  HDL yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak hasil olahan kelapa yang luar biasa khasiatnya untuk tubuh, dari airnya, daging parutnya, santannya, atau minyaknya yang ajaib. Itulah kenapa saya sangat tertarik mengulas lebih banyak mengenai hasil olahan kelapa  pada banyak kesempatan di blog ini.

Sayuran Anti Kolesterol Jahat
Sayuran Anti Kolesterol Jahat

Kubis

Sayuran ini adalah mesin penurun kolesterol yang tergolong dalam jajaran terbaik untuk dikonsumsi jika Anda sedang mencoba menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hasil sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sulforaphane di kubis adalah anti kolesterol yang ampuh. Jadi di banyak tempat gerai kuliner di Indonesia, menyajikan kubis sebagai sayur untuk lalapan pendamping menu lain, adalah langkah yang tepat.

Kacang Merah

Buatlah hidangan salad yang ditambahkan dengan tiga kacang, salah satunya adalah kacang merah dan dapatkan kolesterol Anda ke dalam kisaran yang sehat dalam proporsinya. Kacang merah juga cocok ditambahkan dalam masakan sayur berkuah atau dibuat bubur yang lezat. Fitosterol pada kacang merah memiliki efek penurun kolesterol sesuai hasil penelitian Brasil yang dipublikasikan di Aterosklerosis Journal.

Bawang Putih

Selain mampu mengusir vampir (hahaha....bercanda yaa) ternyata bawang putih juga adalah senjata andalan anti kolesterol sambil menambah rasa pada masakan Anda yang memang sudah lazim dijadikan bumbu dapur. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Ilmu Bimolekuler John Moores University mengungkapkan bahwa bawang putih dapat menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat secara total.

Jamur Sayur

Jamur sangat familiar di Indonesia, jenisnya pun banyak dan sudah dibudidayakan secara melipah. Bukan hanya dimasak untuk sayuran tetapi juga telah banyak diolah dalam bentuk aneka cemilan sehat. Penelitian yang dilakukan di Memorial Sloan-Kettering Cancer Center's Department of Medicine menghasilkan suatu fakta bahwa jamur memiliki khasiat pengusir kolesterol jahat yang signifikan, sekaligus berpotensi mengurangi risiko kanker jenis apapun.

Kedelai Hitam

Penelitian menunjukkan bahwa kedelai hitam dapat mengurangi efek signifikan pada kadar kolesterol Anda. Sebuah studi yang dilakukan di Universidade Brazil Federal de Vi├žosa menyebutkan bahwa mengonsumsi kedelai hitam yang dikuliti mampu menurunkan kadar kolesterol darah hingga 35%. Kolesterol juga sebagian dikeluarkan melalui kotoran/ tinja dengan bantuan zat aktif pada kedelai jenis ini.

Kacang Tanah

Sebagian orang beranggapan bahwa kacang tanah perlu diwaspadai karena kandungan lemaknya yang tinggi. Tetapi bagi orang-orang yang mengerti ternyata disamping enak dan gurih juga sangat menyehatkan terutama bagi penderita kelebihan kolesterol. Hal ini karena kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang efektif menurunkan kadar kolesterol LDL . Jadi lemaknya memang tinggi tetapi itu adalah jenis lemak baik yang menguntungkan tubuh.

Tomat


Tidak ada perdebatan mengenai manfaat kesehatan dari buah lezat ini. Semua praktisi medis dan pakar gizi sepakat bahwa tomat memiliki andil yang cukup besar dalam menjaga kesehatan alami dan melengkapi nutrisi penting dalam tubuh. Sudah banyak penelitian yang pada akhirnya menyetujui bahwa lycopene pada tomat dapat membantu menurunkan kolesterol. Tomat dapat digolongkan dalam keluarga sayuran maupun kelompok buah-buahan, ini tergantung bagaimana jenis,  pemanfaatan dan penyajiannya. Pada artikel terdahulu saya mengikutsertakan tomat sebagai salah satu dari buah yang baik dalam  meningkatkan kualitas darah (baca juga: Buah Buahan Penambah Darah).