MINYAK KELAPA UNTUK BAYI SEBAGAI PILIHAN IBU PINTAR

Minyak Kelapa Untuk Bayi Agar Nyaman dan Sehat.

Minyak tropis yang di Indonesia zaman dulu sempat populer, kini lebih menjadi tren di Eropa dan Amerika. Minyak kesehatan yang alami, aman dan tanpa efek samping ini bersifat merawat, mengobati, memperbaiki juga melindungi seluruh jaringan bagian dalam dan luar tubuh. Nutrisi yang terkandung pada minyak kelapa murni akan memenuhi kebutuhan setiap sel-sel tubuh, sehingga menjadi minyak andalan yang efektif untuk dimanfaatkan setiap saat.
Kandungan lemak sehat pada minyak kelapa herbal ini aman diberikan pada bayi yang baru lahir sekalipun. Untuk pemakaian luar, bisa kita gunakan saat akan memandikan bayi dengan cara memberi beberapa tetes minyak kelapa ditangan lalu diusapkan sambil memijit sang bayi dengan pelan dan lembut.

Minyak Kelapa Untuk Bayi

Saat kita mengganti popok atau kain, oleskan dua tetes pada paha dan selangkangan bayi agar kulit tidak mudah iritasi jika terkena air kencing dan bebas dari  bakteri jamur serta kuman lain pada pempers. Setelah bayi dimandikan agar memberi kesan hangat dan nyaman, berilah dua tetes minyak kelapa pada tangan lalu usapkan pada rambut bayi, untuk melebatkan dan merawat pertumbuhan rambut lebih sehat dan tebal.
Sifat alami pada minyak kelapa murni, yaitu kandungan anti inflamasinya dan pelembab alami merupakan bahan perawatan terbaik untuk kulit bayi yang sempurna. Memilih minyak kelapa jenis yang murni dan organik akan lebih memiliki segudang manfaat, vitamin, enzim utuh dan anti oksidan alam yang bagus untuk si kecil.

7 Manfaat Kesehatan Minyak Kelapa untuk Bayi


Pelembab alami untuk kulit bayi.

Bayi yang baru lahir sebaiknya hindarkan dari penggunaan lotion, karena lapisan kulitnya masih sangat tipis meskipun mampu menyerap juga melindungi diri dari pengaruh sekitar. Namun sebaiknya gunakan minyak kelapa karena akan menjadi lapisan pelindung tambahan pada kulit bayi sekaligus sebagai pelembab yang efektif untuk masa pertumbuhannya. Keamanannya sangat terjamin karena tidak mengandung bahan kimia yang umumnya ada dalam produk pelembab komersial.

Memulihkan ruam atau lecet bekas popok.

Ketika kulit mengalami ruam akibat penggunaan produk popok atau pempers, hindarkan dari pemakaian bedak dan salep, tetapi cukup hanya mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian kulit yang mengalami ruam tersebut dan akan mencegah timbulnya radang kulit sensitif. Minyak kelapa ini akan bertugas melindungi kulit dari ancaman bakteri dan mencegah kulit dari iritasi  lebih lanjut.

Mengatasi kerak kulit pada kepala bayi.

Banyak kita jumpai bayi yang baru lahir akan mengalami kondisi timbulnya kerak atau jamur pada kulit kepala yang biasanya berwarna agak kegelapan. Langkah yang paling tepat adalah dengan rutin mengolesi kepala bayi dengan minyak kelapa murni dan lihatlah kondisi kepala bayi yang akan pulih dan bersih bahkan rambut yang tumbuh terlihat lebih lebat. Dengan menggunakan minyak kelapa ini kulit akan terhindar dari jamur dan bayi akan lebih tenang juga nyaman.

Mencegah kulit kering dan eksim.

Pemakaian minyak kelapa sejak dini sangat bermanfaat pada bayi dan menghindarkannya dari penyakit kulit seperti eksim. Bagi bayi yang sudah terlanjur terkena penyakit kulit pun hendaknya segera diobati dengan minyak kelapa dara ini agar kulit bayi segera pulih dan halus kembali.


Sebagai minyak pijat yang membuat si kecil nyaman.

Sistem saraf parasimpatis pada bayi akan aktif secara otomatis hanya dengan melakukan pijatan pada tubuh mungilnya yaitu saat menjelang waktu tidur. Gunakan minyak alami saat memberi pijatan pada kulit bayi, yang aman dan sehat tanpa bahan kimia atau mengandung pewangi buatan. Kandungan vitamin E yang baik dalam minyak kelapa terutama yang jenis murni sangat baik untuk membantu menjaga kelembutan dan elastisitas kulit. Ibu yang cerdas dan waspada harus paham jika ternyata sebagian besar bahan minyak bayi (baby oil) yang beredar di pasaran mengandung minyak fosil dan kimia sintetik. Bagi kulit bayi yang sensitif ini sangat tidak cocok.

Minyak kelapa murni membuat aman ibu dan bayinya.

Bagi ibu yang dalam masa menyusui, hal yang biasanya mengganggu adalah ketika puting mengalami lecet karena terlalu seringnya bayi menyusu. Sebaiknya oleskan minyak kelapa pada bagian yang lecet, selain akan menyembuhkannya juga  menangkal adanya pertumbuhan jamur kulit yang akan membuat luka semakin parah. Atau dengan rutin mengoleskan minyak kelapa pada puting sebelum mengalami iritasi dikemudian hari.

Sebagai suplemen tambahan pendamping ASI.

Jika bayi sudah cukup umur untuk mengkonsumsi makanan atau bubur, sebaiknya campurkan minyak kelapa pada menu makanannya sebagai pendamping ASI. Asam laurat yang terkandung di dalam minyak kelapa dara sangat membantu dan menjaga sistem pencernaannya yang masih sangat rentan agar terlindung dari parasit. Ini termasuk penggunaan minyak kelapa murdi dari dalm tubuh yang sudah sering muncul pada tulisan saya sebelumnya. ( baca: SUMBER NUTRISI DAN VITAMIN YANG BAIK UNTUK ANAK )

Artikel terkait;