JAMBU BIJI UNTUK IBU HAMIL | Manfaat dan Bahayanya

Jika Anda bertanya-tanya apakah wanita hamil boleh makan jambu biji atau tidak, semoga tulisan saya ini bisa memberikan tambahan informasi. Ibu hamil yang sedang mengidam biasanya merindukan berbagai jenis makanan termasuk Jambu Biji. Buah ini mendapatkan tempat tersendiri yang cukup istimewa dalam dunia Ibu hamil. Para pakar gizi banyak yang menganjurkan agar wanita hamil mengonsumsinya karena kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat baik. Hanya saja ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam pemilihan dan cara mengonsumsinya. Mari kita simak beberapa fakta tentang Jambu Biji untuk kehamilan.

Manfaat Jambu Biji Putih untuk Ibu Hamil
Jambu Biji Putih untuk Ibu Hamil

Kandungan Gizi Jambu Biji

1. Sumber Vitamin

Kaya dengan kadar vitamin A, C, B2 dan E. Yang uniknya adalah bahwa kandungan Vitamin A dan C pada jambu biji melebihi jumlah yang ada dalam lemon dan jeruk.

2. Sumber Asam Askorbat dan Asam Folat

Manfaat kesehatan terbaik dari Jambu Biji, salah satunya adalah karena kaya akan asam akorbat. Nutrisi mikro (micro-nutrition) seperti asam folat dan vitamin B-9 sangat berguna bagi kesehatan sistem peredaran darah. Adanya kandungan zat-zat ini yang menjadi alasan bahwa memakan jambu biji sangat bagus untuk melindungi bayi dari resiko gangguan sistem syaraf, dan justru mengatur perkembangannya. Selain itu juga mampu menjauhkan dari penyakit kardiovaskuler.

3. Sumber Mineral Penting untuk Wanita Hamil

Mengandung  mineral penting untuk tubuh tembaga, kalsium, tiamin, magnesium,  potassium, mangan dan fosfor.

4. Antioksidan – antiinfeksi

Sifat antioksidan tinggi yang selain karena kandungan Vitamin C dan E juga karena adanya zat polifenol, isoflavanoid, karotenoid dalam Jambu Biji.

Manfaat Jambu Biji Putih Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah banyak manfaat kesehatan dari makan jambu biji terutama yang berdaging putih selama sembilan bulan kehamilan;
  • Kadar gula darah menjadi terkendali sehingga menjadi faktor penting dalam mencegah diabetes jenis gestasional pada wanita hamil.
  • Menjaga tekanan darah tetap terkendali, hal ini penting untuk menghindari keguguran dan resiko bayi lahir prematur.
  • Membantu menjaga keseimbangan keseimbangan kolesterol darah sehingga aman dari penyakit kardiovaskuler. Jangankan untuk ibu hamil untuk orang pada umumnya bahaya kolesterol musti diwaspadai. Baca: Ciri dan Resiko Kolesterol Tinggi.
  • Karena tinggi akan kandungan zat besi, maka memakan Jambu Biji meningkatkan kadar hemoglobin yang mengurangi resiko terkena anemia (kurang darah). Baca: FUNGSI PENTING ZAT BESI.
  • Jambu Biji yang banyak serat menjauhkan dari keluhan pencernaan seperti wasir dan keluhan konstipasi selama kehamilan.
  • Kandungan magnesium yang baik membantu otot rahim menjadi elastis  dan membuat syaraf rileks. Ini sangat penting menjelang masa persalinan.
  • Jambu biji kaya akan polifenol, isoflavanoid, karotenoid, Vitamin C dan E yang notabene zat-zat ini terkenal dengan sifat antioksidannya untuk mencegah infeksi pada kandungan maupun setelah melahirkan.
  • Syaraf bayi akan terjaga dari kecacatan karena kandungan Asam Folat.
  • Kalsium yang dimiliki buah ini baik untuk pertumbuhan tulang janin dan sebagai suplai cadangan kalsium untuk ibu hamil agar setelah melahirkan aman dari pengeroposan tulang.
  • Vitamin B-9 sangat membantu perkembangan janin dalam rahim terutama pertumbuhan syarafnya.
  • Membantu proses pencernaan ibu hamil tetap sehat karena kadar seratnya  yang baik. Pencernaan yang aman dan nyaman menjadi krusial dalam kehamilan mengingat rongga perut untuk pencernaan menyempit bukan?.


Hal Yang Wajib Diperhatikan Jika Memakan Jambu Biji Selama Masa Kehamilan

Jika hal di bawah ini diabaikan atau dilanggar maka kemungkinan bayanya akan lebih besar daripada manfaatnya.
  • Karena Jambu ini tinggi kandungan serat maka jangan memakan dalam porsi berlebihan karena dapat memicu diare.
  • Pilihlah yang benar-benar sudah matang dan lembut di lidah. Memilih yang masih mentah/ keras makan dapat menyebabkan sakit gigi juga membuat sulit BAB.
  • Cuci yang bersih dulu sebelum dimakan langsung atau dipotong-potong untuk jus, terutama bagian jambul  yang berupa lubang  melingkar/ mata jambu itu. Pastikan bagian itu bersih karena dikhawatirkan terdapat bakteri penyebab infeksi Listerosis.
  • Untuk mendapatkan kandungan gizi yang utuh maka paling baik adalah mengonsumsinya dalam kondisi segar dan bentuk aslinya. Jadi jangan lebih memilih misalnya minuman kemasan rasa jambu biji atau memang bebahan jambu biji tetapi dalam bentuk jenis minuman kemasan instan. Sangat jauh kualitasnya.
  • Jambu biji adalah sumber Yodium yang baik dan mungkin sumber vitamin C terkaya. Kandungan vitamin C jambu biji meningkat saat buahnya matang.
  • Jambu Biji yang dagingnya berwarna putih, gizi nya lebih lengkap dan lebih cocok untuk wanita hamil daripada Jambu Biji daging merah.
  • Jika anda Ibu hamil dan sering mengalami mual di pagi hari (morning sickness) maka nutrisi dan antioksidan yang mengesankan dalam Jambu Biji, maka menggigit dan menikmati buah ini di pagi hari adalah pilihan tepat.

Demikianlah sekilas tentang Jambu Biji untuk Ibu hamil. Yang penting untuk tidak lupa saya sampaikan adalah bahwa menambah lebih banyak buah dan sayuran segar ke dalam menu makanan untuk Ibu hamil merupakan keharusan yang mutlak. Ini juga sebagai suatu cara alami untuk merawat dan menjaga si kecil dalam kandungan sekaligus menjaga kesehatan sang Ibu. 

Selamat menanti kelahiran si kecil yang lucu ya Bundaa....

Post terkait: 9 Buah Penambah Darah