FUNGSI ZAT BESI UNTUK TUBUH SEHAT DAN KUAT

Fungsi zat besi sebagai mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh tidak bisa dikesampingkan. Tanpa zat besi maka tidak akan ada kehidupan, karena mineral ini merupakan pembentuk komponen utama darah yang disebut hemoglobin. Hemoglobin adalah unsur yang ditemukan pada sel darah merah sehat yang sekaligus memberi warna merahnya. Fungsi sel darah merah bersama hemoglobinnya yang paling vital yaitu mengangkut air dan oksigen ke berbagai organ di seluruh tubuh. 
Seseorang yang kekurangan hemoglobin maka darahnya kehilangan kemampuan menyalurkan oksigen dan air, itulah kenapa orang yang kekurangan zat besi akan merasa letih, lesu, lemas dan mengantuk sepanjang waktu. Kondisi semacam ini lalu disebut sebagai kurang darah atau anemia.

Fungsi Zat Besi


Jika demikian maka sangat perlu menjaga tingkat/ kadar zat besi normal dalam darah agar fungsinya sebagai bagian dari sistem transportasi dalam tubuh bekerja dengan baik. Jika Anda mengalami kekurangan zat besi maka sebenarnya ada solusi yang relatif mudah yaitu dengan melakukan beberapa perubahan pada menu makanan Anda. Tetapi yang perlu disadari adalah bahwa cara alami ini tidaklah menunjukan hasil yang instan. Jadi jangan berharap setelah mengonsumsi makanan kaya zat besi lantas dalam waktu beberapa jam atau satu dua hari kemudian badan langsung segar bugar. Dibutuhkan waktu empat hingga enam minggu untuk proses regenerasi sel darah merah yang kaya hemoglobin dengan bahan baku nutrisi berupa zat besi tadi. Untuk menunjukan hasil yang nyata setidaknya bersabarlah satu sampai dua bulan hingga mendapatkan kondisi kadar zat besi dalam darah kembali normal dan sehat.
Setiap orang membutuhkan zat besi, tetapi orang-orang berikut ini sangat rentan terhadap kadar hemoglobin rendah sehingga kebutuhan zat besi menjadi sangat urgen. Mereka adalah;
  1. Ibu hamil dan menyusui.
  2. Wanita yang sedang menstruasi.
  3. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  4. Mereka yang baru sembuh dari sakit dan sedang dalam masa pemulihan.

Batas Normal Hb Darah

Kadar hemoglobin setiap orang sulit untuk ditentukan standarnya karena angka normalnya akan berbeda tergantung ras, iklim tempat tinggal, usia dan jenis kelamin. Tetapi badan kesehatan dunia (WHO) akhirnya menetapkan kadar normal hemoglobin (Hb) sebagai berikut:
  • Anak usia 6 bulan – 6 tahun batas nilai Hb (Hemoglobin)nya 11,0 gr/dl.
  • Anak usia 6 tahun – 14 tahun batas nilai Hb-nya 12,0 gr/dl.
  • Pria dewasa dengan batas Hb minimal 13,0 gr/dl.
  • Ibu hamil ditentukan batas minimal Hb-nya 11,0 gr/dl.
  • Wanita dewasa memiliki batas minimal Hb 12,0 gr/dl.
Jika seseorang dengan rentang usia atau golongan sesuai daftar di atas mengalami kekuranngan zat besi sehingga nilai Hb nya di bawah batas yang WHO tentukan, maka biasanya mereka akan mengalami dampak negatif diantaranya;
  1. Menjadi letih, lelah dan mengantuk sepanjang waktu.
  2. Pada anak-anak akan mengalami perkembangan fisik dan mental yang lambat.
  3. Prestasi anak di bidang akademis pun buruk.
  4. Lidah sering mengalami pembengkakan (Glossitis).
  5. Mengakibatkan suhu tubuh yang tidak normal karena kacaunya fungsi pengaturan suhu tubuh.
  6. Sistem kekebalan tubuh bermasalah sehingga cenderung lemah dan mudah sakit.

         Melihat fungsi zat besi yang teramat penting untuk kesehatan tubuh, maka semestinya kita semua mulai sekarang memperhatikan menu makanan sehari-hari agar kebutuhan zat besi tercukupi. Untuk praktisnya, saya menyarankan agar rutin meminum minyak kelapa murni dengan tambahan sari daun kelor/ marungge. Seperti yang pernah saya tulis beberapa bulan lalu, bahwa daun kelor memiliki kandungan zat besi yang luar biasa, berkali-kali lipat lebih banyak dari yang terkandung pada daun bayam. Pada kesempatan lain saya ingin membahas beberapa bahan makanan termasuk sayuran dan buah-buahan penambah darah.