BUAH BUAHAN PENAMBAH DARAH

Artikel kali ini akan membahas tentang buah-buahan penambah darah yang telah telah  terbukti paling kaya akan zat besi diantara buah lain. Jadi jika ditambahkan dalam menu makanan sehat sangat cocok untuk meningkatkan kadar hemoglobin darah. Mari simak satu persatu beberapa buah penambah darah yang luar biasa berikut ini.

Buah Buahan Penambah Darah


Tomat Jemur Kering

Tahukah anda bahwa tomat seberat 100 gram yang dikeringkan dengan sinar matahari mengandung hingga 9,1 mg zat besi?. Pada artikel sebelumnya yang berjudul FUNGSI ZAT BESI UNTUK TUBUH SEHAT DAN KUAT, telah disebutkan bahwa kebutuhan zat besi untuk orang dewasa adalah 13 mg dan untuk anak-anak sebesar 10 mg - 12 mg. Itu berarti bahwa tomat kering dapat memenuhi kebutuhannya sebesar 50 persen sehari.
Meskipun tomat kering dapat ditemukan di banyak toko herbal bahkan mudah dibuat sendiri di rumah, masyarakat Indonesia dalam kesehariannya sudah terbiasa memasukkan tomat sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari. Jadi walaupun bukan dalam bentuk kering tetapi karena frekuensi konsumsinya sering maka tetap memenuhi kebutuhan tubuh. Tomat juga dikenal kaya akan berbagai antioksidan terutama lycopene yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit juga menjaga kesehatan organ-organ tubuh.


Aprikot Kering

Tidak hanya lezat ternyata buah aprikot terutama dalam bentuk kering merupakan sumber zat besi dan kandungan antioksidannya juga tinggi. Sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecantikan dan vitalitas pada orang muda maupun tua. Setiap 100 gram aprikot kering mengandung lebih dari 50 persen kebutuhan zat besi harian Anda.
Aprikot segar mungkin hanya melimpah di musim panas tetapi dengan mengeringkannya adalah cara yang lebih hemat biaya dan dapat disimpan lama sepanjang tahun. Buah dalam bentuk kering ini juga kaya akan serat yang membantu menjaga kestabilan gula darah.


Kismis

Buah ini memang sudah dikenal secara umum di Indonesia dalam bentuk kering. Kismis termasuk memiliki kadar zat besi lebih banyak dari beberapa buah lainnya. Setiap setengah cangkir mengandung 1,6 mg zat besi.


Buah Persimmon

Ini buah yang baik dinikmati di musin panas maupun dingin, hanya saja disayangkan tidak terlalu populer. Persimmon yang berwarna oranye dan menyerupai tomat lebih populer di negeri Jepang dimana termasuk buah nasional yang sangat disukai karena kadar antioksidannya, zat besi, vitamin c dan nutrisi lainnya yang cukup tinggi


Buah Mulberi atau Murbei

Buah ini tersedia dalam tiga warna yaitu putih, hitam dan merah. Dalam acara Dr. Oz Internasional, Mulberi mendapatkan pujian dan digolongkan termasuk jenis makanan super masa kini. Tidak hanya dikenal bagus untuk penderita diabetes tetapi juga karena kandungan zat besi yang tinggi maka menjadikannya salah satu yang baik dari golongan buah-buahan penambah darah. Setiap 100 gram murbei mengandung sekitar 1,8 mg zat besi.
Di negeri Cina, pohon murbei disebut sebagi pohon kehidupan. Penggunaannya cukup signifikan di bidang medis karena telah dimanfaatkan kulit kayu, daun, buah hingga akarnya. Mulberi sangat baik ditambahkan pada makanan sehat Anda baik dalam bentuk segar ataupun kering. Selain lezat juga nampak indah sehingga banyak koki yang memanfaatkannya untuk menghias tampilan hidangan penutup agar tidak nampak membosankan.


Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma merupakan simbol nasional negara Arab Saudi yang mewakili vitalitas dan pertumbuhan. Buah yang sangat manis ini mengandung energi tinggi serta sangat bergizi dan walau sangat berkalori tetapi bebas kolesterol dan rendah lemak. Oleh karena itu kurma sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan wanita yang baru melahirkan. Ini tentunya terkait dengan kemampuannya membantu memulihkan stamina dan kekuatan. Mengenai manfaatnya sebagai buah penambah darah setiap secangkir kurma ( 250 gram ) mengandung kira-kira 3 mg zat besi. Cukup tinggi bukan?.


Plum alias Prune atau Kismis Hitam

Prune berwarna hitam dan memiliki tampilan luar yang keriput. Kandungan serat tinggi dari plum kering terkadang bisa membuatnya sulit dimakan. Maka Anda bisa merendamnya semalam dan menyantap keesokan harinya. Perlu diingat bahwa air bekas rendaman plum jangan dibuang karena ternyata juga mengandung nutrisi yang bermanfaat. Kismis hitam yang telah direndam ini bisa dibuat jus dengan air bekas rendaman tadi sebagi pengencernya. Setiap 100 gram kismis hitam mampu menyuplai 9 persen kebutuhan zat besi harian guna menambah darah Anda.


Buah Delima

Di banyak negara, buah delima adalah buah yang direkomendasikan untuk semua penyakit terkait darah, termasuk kekurangan zat besi atau anemia jika di masyarakat awam negara kita ya sebut saja kurang darah. Buah delima juga telah dikenal dari jaman nenek moyang untuk kesuburan dan meningkatkan libido yang menurun.
Senyawa yang baru-baru ini ditemukan di buah delima yang disebut punicalagins telah terbukti sangat bermanfaat bagi jantung dan elastisitas pembuluh darah. Delima juga dipercaya membantu meredakan depresi.


Semangka yang Menyejukkan


Sebagai buah musim panas yang menyegarkan, semangka terdiri dari 90 persen air yang kaya akan banyak nutrisi, termasuk zat besi. Semangka  juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi yang membantu tubuh menyerap zat besi lebih cepat dan efisien.

Buah Buahan Tinggi Zat Besi


Demikian 9 jenis buah buahan penambah darah dengan kadar zat besi tinggi. Sebenarnya dari kesembilannya itu ada bahan makanan atau tumbuhan lain yang lebih tinggi lagi kadar zat besinya yaitu daun kelor yang sudah saya sediakan produk praktisnya menyatu dalam “Organik Ekstra VCO Alam Nusantara Plus Sari Kelor.” Tetapi saya memaparkan alternatif lain yang tergolong jenis buah dalam tulisan ini agar lebih bervariasi.