Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan Segera

Dalam hubungan pernikahan, bayi adalah yang paling ditunggu oleh tiap pasangan. Kehadiran bayi akan menjadikan kehidupan baru lagi yang lebih lengkap. Biasanya calon ibu lebih bersemangat untuk masalah perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. 

Baju Bayi Laki-laki Umur 0 - 6 Bulan


Hal ini memang sangat penting agar bayi saat lahir semua sudah siap tersedia. Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus ada yaa?

Hal-hal yang Perlu Disiapkan untuk Bayi Baru Lahir

Dari bermacam baju dan celana bayi, popok bayi, gurita, pempers dan perlengkapan lainnya bahkan biasanya ada aneka mainan bayi 1 bulan, mainan bayi 2 bulan pun  mulai disiapkan. Apalagi bagi calon ibu yang sudah menantikan kelahiran anak laki-lakinya biasanya lebih banyak persediaan baju bayi laki-laki umur 0-6 bulan selain popok dan pempers. karena anak laki-laki cenderung lebih sering ngompol dikarenakan lebih banyak minum ASI dari pada anak perempuan.

Perkembangan Setelah Bayi Lahir

Setelah bayi lahir akan banyak pengalaman baru untuk sang ibu dan persiapan yang lengkap akan mempermudah ibu untuk mengurusnya. Menjaga tubuh bayi tetap hangat dan terjaga kebersihan juga kenyamanannya. Sangat disarankan untuk memberi bayi ASI sampai usia 6 bulan, namun bagi bayi yang tidak mendapatkan ASI karena alasan tertentu lebih baik pilihlah susu formula terbaik untuk bayi disertai dengan asupan minyak kelapa murni (VCO) untuk memenuhi kebutuhan gizinya yang memang hampir setara dengan kandungan ASI. Baca pula artikel sebelumnya ya.

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Dalam pemenuhan gizi sang buah hati, wajib bagi ibu menyusui mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Untuk menunjang gizi dan kualitas ASI itu sendiri tentunya untuk mendukung perkembangan bayi 1 bulan yang memang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Untuk melengkapi pasokan gizi ke tubuh ibu dan kualitas ASI,lebih baik lagi rutin minum racikan khusus VCO ibu hamil dan menyusui dan rajin mengkonsumsi sayur daun katuk dan sup daun kelor yang kaya vitamin dan mineral.

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Fase ini sang buah hati sudah mulai bikin gemas dan lucu, karena perkembangan bayi 2 bulan adalah masa bagi bayi sudah bisa merespon. Bila kita ajak bicara, bayi sudah merespon dengan senyuman dan sudah mulai menendang-nendangkan kakinya, juga sudah bisa menggenggam sesuatu dan kadang sulit dilepaskan. Umunya diusia ini untuk bayi laki-laki memiliki berat badan sekitar 4,5 – 7 kg dan untuk bayi perempuan 4-6,5 kg. Bayi usia 2 bulan biasanya sudah mulai sering gumoh setelah minum susu atau ASI.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Berilah mainan yang aman dan lentur misalnya yang terbuat dari karet tapi ujungnya tumpul dan tidak berbahaya. Perkembangan bayi usia 3 bulan selain sudah bisa memasukan jari dan jempol tangannya, bayi juga mulai mengeluarkan suara-suara, bahkan sudah bisa mengangkat kepala sendiri saat posisi tengkurap. Sebaiknya setelah bayi minum susu posisikan berdiri menyandar ke dada sang ibu dan sesekali tepuk pelan di punggungnya untuk menghindari gumoh pada bayi.


Perkembangan Bayi 4 Bulan

Jangan kaget karena perbahan berat badan bayi yang cepat bertambah, karena bayi semakin terlihat menggemaskan karena gemuk dan lucu. Perkembangan bayi 4 bulan biasanya untuk bayi laki-laki berbobot 5,7-8,9 kg dan pada bayi perempuan biasanya berbobot 5,1-8,2 kg. Bayi sudah bisa berceloteh satu atau dua kata, mulai berguling dan telentang. Berikan mainan yang tergantung di atas bayi untuk melatih koordinasi mata dan tangannya.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan


Perkembangan Bayi 5 Bulan

Seringlah beri pujian misalnya tepukkan tangan saat bayi bisa melakukan sesuatu atau meraih benda, beri ciuman, senyuman dan pelukan. Mulai mengenalkan nma-nama benda dan warna di dekatnya agar kemampuan visualnya makin bertambah. Perkembangan bayi 5 bulan biasanya sudah mulai tertawa dan mulai mencoba duduk ketika tengkurap, memindahkan benda yang dipegang dari satu tangan ke tangan yang lain atau membuangnya dan ocehannya sudah mulai beragam, missal “ma”, “ba”, “pa”.

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Mulailah mengenalkan makanan padat karena system pencernaannya sudah siap untuk mengolah makanan dan resiko infeksi atau alergi sudah menurun. Berilah buah-buhan yang sudah dihaluskan. Sesekali bantu berdiri dengan memegang kedua ketiak hal ini untuk melatih kekuatan otot lengan dan kaki. Awasi setiap geraknya, karena bayi sudah bisa memasukkan benda ke mulutnya. Seringlah membacakan dongeng dan membiarkannya untuk memperhatikan gambar pada buku, ajaklah bernyanyi dan mendengarkan musik karena sangat bermanfaat baik untuk perkembangan otaknya.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Bayi usia 7 bulan sudah bisa merangkak, bisa duduk sempurna dan mulai merangkak, bisa mengerti ketika dibolehkan atau dilarang melakukan sesuatu, memainkan mulut dan bibirnya jug bermain ludah sendiri bahkan sudah mengenali kalau ada orang asing yang tidak pernah dilihatnya.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Bagi setiap ibu menikmati perkembangan bayi adalah hal yang sangat menyenangkan, perkembangan bayi 8 bulan sudah lebih baik dari fase yang dilewati. Bayi sudah lebih baik dan lincah, bahkan mulai berusaha berdiri. Secara mental juga emosinya sudah lebih baik, selalu berikan asupan ynag cukup selain ASI, misalnya bubur susu, pisang, pepaya dan alpukat yang di haluskan, air tomat, juga kreasikan bubur tim dengan ikan, telur, ayam, hati juga sumber protein lainnya.

Perkembangan Bayi 9 Bulan

Bayi diusia 9 bulan lebih cepat bereaksi pada situasi yang tertentu, misalnya mudah menangis saat ditinggal kerja tapi juga mudah dialihkan perhatiannya. Cenderung membutuhkan tempat yang lapang untuk bisa leluasa bergerak dan melakukan banyak hal karena sangat aktif. Kemampuan komunikasinya lebih baik lagi, misal kita bertanya “Suara apa ini..?” dia dapat menunjuk pada sumber suara telepon yang berdering, juga merespon saat namanya di panggil bahkan sudah mengenali mana ibu dan ayahnya.

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Diusia ini bayi sudah memiliki kemampuan yang sangat pesat, sudah bisa mengatur tubuhnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Difase ini tinggal lebih sering diajak ngobrol, dipuji juga tepuk tangan jika bayi melakukan sesuatu, dan sering diajarin berjalan dengan bantuan kita. Bayi lebih sering merangkak dan bermain sendiri bahkan lebih suka berceloteh sendiri.

Perkembangan Bayi 11 Bulan

Bayi 11 bulan umumnya sudah bisa berjalan, tapi untuk anak laki-laki cenderung lebh lambat. Ada yang umur 1 tahun lebih baru bisa jalan, ada yg 1 tahun setengah baru bisa, tiap anak berbeda jadi tidak perlu khawatir bagi ibu baru. Bayi yang sudah bisa berjalan, juga akan sangat suka memanjat benda tertentu didekatnya, misalnya kursi atau sofa. Karena rasa penasarannya semakin tinggi, bayi akan sering jalan sendiri dan tidak mau dipegangi karena bayi merasa sudah mandiri.

Kebutuhan Nutrisi Bayi

Bayi semakin berkembang dan tumbuh akan membutuhkan nutrisi yang lebih, untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya. Tubuhnya yang semula gemuk bisa berangsur mengecil seiring bertambahnya aktifitas dan kreatifitas bayi. Anekabuah, sayur hijau, kacang-kacangan dan cemilan sehat untuk bayi hendaknya selalu tersedia di rumah, satu minggu sekali bikinkan sayur bening daun kelor, yang kaya akan manfaat. Untuk minyak kelapa murni organiknya nya jangan lupa pilih merk VCO terbaik, cukup tambahkan 1 sendok teh tiap 100mL susu formula. Bisa pula ditambahkan pada bubur atau makanan pendamping lainnya tapi perlu diingat menambahkannya disaat susu atau bahan makanan pendamping itu dalam keadaan hangat tidak lebih dari 50 derajat celsius. Ini dimaksudkan agar tidak merusak kandungan gizi VCO dan manfaatnya yang luar biasa.

Ajarilah buah hati untuk belajar makan dengan tangan sendiri begitu juga ketika minum. Ingat, selalu beri pujian ketika bayi anda berhasil melakukan kegiatan, agar semakin merasa bahagia dan disayang. Namun, berikan larangan juga saat melakukan apa yang tidak boleh atau tidak baik.


Seiring waktu ajari pada hal-hal baru, kenalkan dengan kegiatan baru, misal ajak bayi berenang, ajari cara memakai celana, baju dan memakai kaos kaki atau sepatu. Hal ini selain untuk melatih kemandirian pada bayi anda, juga mempunyai dampak positif yaitu rasa tanggung jawab dikemudian hari. Selalu cium menjelang tidur, beri sapaan setiap pagi dan sering beri pelukkan hangat pada bayi anda untuk lebih mengeratkan hubungan batin ibu dan anak. Demikianlah semoga bermanfaat, jangan lupa selalu berbahagia bersama buah hati kita.