Manfaat Gula Aren Kristal


Kini masyarakat kebanyakan sudah sadar mengenai gaya hidup sehat, terutama dalam mengkonsumsi gula. Banyak orang sudah mulai mengurangi dan menghindari gula demi menjaga kesehatan tubuhnya, terutama agar terhindar dari diabetes. Namun, gula serbuk ini ternyata lebih praktis dan aman dikonsumsi bahkan sangat dianjurkan karena manfaat gula aren kristal adalah gula alami yang terbuat dari nira pohon aren (enau) yang aman untuk tubuh.

Cara Membuat Gula Aren Kristal


Gula kristal aren ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari 

Manfaat Gula Aren

  • Bahan dasar pada pembuatan masakan.
  • Untuk campuran pada minuman (es kelapa dan minuman jahe).
  • Penambah tenaga (biasanya bekal untuk para pendaki gunung).
  • Mencegah anemia dan menambah semangat untuk beraktifitas.
  • Membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh.
  • Membantu meningkatkan imunitas / daya tahan tubuh.
  • Menstabilkan kadar kolesterol pada tubuh.
  • Campuran untuk ramuan tradisional.
  • Penambah rasa manis yang rendah kalori.
  • Membantu memperlambat penuaan dini.
  • Membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh.
Gula kristal adalah gula berbentuk serbuk atau bubuk kasar yang terbuat dari nira aren atau nira kelapa. Gula aren kristal umunya ditemukan dipasaran itu yang biasa atau yang rasanya manis. Namun pada kesempatan ini bisa kita lihat dan mengenalnya dengan variasi rasa, misalnya rasa jahe dan yang ditambahkan sebagai pemanis alami pada ramuan herbal dari rempah-rempah kaya manfaat yaitu lemusian dikenal dengan Wedang Rempah 


Gambar Gula Kristal

Gambar Gula Kristal


Gula jenis ini biasanya berwarna coklat tua atau kuning, serbuk yang agak kasar tetapi rasanya yang sangat lembut dan nikmat. Karena khasiat dan manfaat yang ada pada nira aren ini bisa langsung dirasakan setelah mengkonsumsinya. Bahkan sangat dianjurkan untuk orang yang sedang melakukan diet atau pantangan pada gula.

Gula Kristal Cilongok Banyumas

Dari berbagai riset dan percobaan pada jenis dan varian, ternyata gula kristal dari nira aren ini yang terbaik dilihat dari pembuatannya dan rasanya ditemukan dari pelosok desa di daerah Cilongok yang ada Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. dari proses pembuatannya yang masih sangat alami dan benar-benar terjaga bahkan tanpa memakai obat tambahan untuk pembuatan gula pada umumnya.

Gula kristal Banyumas

Produk dari Kecamatan Banyumas ini sudah berjalan begitu lama dari tahun 1970an yang awalnya dijalankan oleh seorang petani kelapa namun tetap mengolah juga dari pohon aren disekitarnya. Saling bergotong royong dan berkelompok akhirnya mereka sanggup dan berhasil membuat gula kristal yang terbaik di daerahnya, hingga berdatangan permintaan dari lintas pulau dan lintas negara.

Cara Membuat Gula Aren Kristal

Pembuatan gula aren kristal ini hampir sama dengan pembuatan gula cetak atau gula aren yang berbentuk bulat ataupun koin. Hanya saja, pada proses pembuatan gula kristal dari nira aren ini lebih lama dibanding dengan gula yang berbentuk padat. Saat proses pemasakan atau pemanasan satelah dimasak menjadi pekat, mulai kecilkan api. Biarkan 10 menit lalu diangkat kualinya dari tungku dan tetap diaduk pelan hingga terjadi pengkristalan.
Lalu aduk lebih cepat hingga berubah menjadi serbuk kasar, lalu haluskan agar menjadi lebih halus lagi kemudian disaring sesuai ukuran mesh misalnya 15-25 sesuai pesanan.

Harga Gula Aren Kristal


Beragam manfaat yang terkandung pada gula aren ini maka tercetus untuk membuat dengan varian rasa. Gula aren kristal dengan campuran jahe merah dan gula kristal aren dengan campuran berbagai ramuan (jahe, kapulaga, batang sereh dan cengkeh). Untuk harganya bisa hubungi kontak link di blog ini atau langsung ke 08812636406.