11 Jenis Minyak Masak Sehat ( Minyak Goreng Alami ) Terpopuler di Dunia| Bagian I

Yuk Simak Jenis Minyak Herbal Sehat untuk Memasak berikut ini


Tulisan ini kami posting dengan tujuan memberikan panduan sebagai perbandingan Anda memilih/ menentukan minyak masak/ minyak goreng sehat/ minyak herbal yang sesuai untuk masakan Anda. Harapannya Anda akan lebih mudah membandingkan minyak goreng dan mempelajari fakta-fakta penting tentang masing-masing darinya. Memastikan bahwa Anda akan dapat menemukan minyak goreng terbaik untuk setiap resep masakan sehat terlezat yang Anda buat, dalam artian mengoptimalkan rasa dan tetap memperhatikan kesehatan pencernaan khususnya dan perawatan kesehatan tubuh alami pada umumnya.

Minyak Herbal Kelapa ( Coconut Oil )

Kita pantas bersyukur berkat adanya sifat fleksibilitas, rasa transenden dan melimpahnya manfaat kesehatan, minyak kelapa telah menjadi “minyak yang wajib ada” bagi para koki di seluruh dunia pada gerai kuliner sehat. Memasak dengan minyak herbal kelapa sangat baik karena memiliki titik asap yang tinggi, menanamkan sensasi rasa gurih yang kaya menyajikan nuansa surga tropis ke dalam setiap hidangan. Minyak kelapa terbaik diekstrak dari daging kelapa tua yang dipanen dari pohon kelapa usia tua pula. Penggunaannya dapat dilakukan dengan total minyak kelapa untuk menggoreng/menumis atau dipadu dengan hampir semua minyak lainnya pada rasio 1: 1 yang umumnya digunakan dalam memanggang. Coba saja cari informasi resep sate yang gurih dan lezat, pasti koki yang paham akan menggunakan minyak herbal kelapa untuk mengoles satenya ketika dipanggang, bahkan ada yang menyiramkan sedikit minyak kelapa ke dalam arang panggangan untuk memunculkan sensasi uap/ asap yang gurih.

Minyak Kelapa Murni Kualitas Tinggi| Best Virgin Coconut Oil


Minyak kelapa termasuk lemak jenuh yang sangat sehat sebagai salah satu sumber alam terbaik berupa trigliserida rantai menengah (MCT). Uniknya jenis lemak sehat ini dengan cepat diserap oleh tubuh Anda untuk memberikan dorongan alami energi (tidak disimpan sebagai lemak jahat dalam otot maupaun dalam darah/ lemak darah). Jadi yang takut konsumsi goreng-gorengan tidak usah khawatir, karena sekarang sudah banyak camilan sehat yang digoreng dengan minyak ini. Anda dapat membeli minyak kelapa dalam dua bentuk: halus (refined) dan perawan (virgin). The best virgin coconut oil mempertahankan aroma dan rasa dari kelapa segar alami, sementara minyak kelapa olahan memiliki rasa yang lebih hambar karena proses penyulingan. Keduanya memiliki umur simpan yang berbeda pula. Lebih detilnya Anda dapat membacanya pada artikel Minyak Kelapa Murni vs Minyak Kelapa Lainnya

2.      Minyak Zaitun ( Olive Oil )

Minyak zaitun termasuk juga minyak tradisional pokok dalam memasak di banyak dapur terutama resotan kelas menengah atas. Ini umumnya digunakan untuk menumis dan sering muncul sebagai bahan dalam salad dressing dan roti panggang. Rasa yang sering digunakan dalam bergaya hidangan Mediterania. Italia, Spanyol dan Turki serta USA adalah negara pengimpor terbesar minyak zaitun. Seperti banyak minyak lainnya, itu tersedia dalam beberapa varietas termasuk perawan (vigin) dan halus (refined). Untuk sekedar menumis dan menggoreng sebentar dengan cara dioles minyak ini masih bagus, namun untuk penggunaan menggoreng dalam/ tenggelam ( deep frying ) kurang sehat karena ikatan lemaknya mudah rusak dan pemakaian berulang akan merusak sel-sel tubuh. 

Minyak Goreng Sehat Alami


Jika minyak herbal kelapa dikenal dengan minyak dengan ikatan kimia alam lemaknya yang stabil dan mampu dipakai berulang-ulang (hingga 3 – 5 kali) pakai dalam menggoreng tenggelam sehingga dikenal sbagai minyak goreng terbaik “deep frying oil”, maka olive oil hanya aman digunakan sekali untuk menu yang langsung dikonsumsi.

3.      Minyak Biji Rami ( Flaxseed oil/ linseed oil )


Comparison| Best Coconut Oil and Linseed Oil


Minyak biji rami dibuat dengan biji rami yang dipress (tekanan tinggi), tanaman bunga biru yang tumbuh di padang rumput di Kanada barat dan Amerika Utara. Minyak ini merupakan sumber alami omega-3 dan omega 6 dalam asam lemak esensial , namun karena memiliki  titik asap yang rendah (225 ° F) maka lebih tepat untuk digunakan pada hidangan dingin seperti di dressing, dips, smoothies, dll.  Minyak herbal alami ini mempunyai daya simpan yang pendek, dan bahkan meskipun disimpan dalam lemari es, itu hanya mampu untuk beberapa minggu saja.

4.      Minyak Alpukat ( Avocado Oil )


Minyak Alpukat| Minyak Herbal Sehat Alami


Mungkin sebagian dari Anda baru mendengar bahwa buah Alpukat yang melimpah di negeri kita (Indonesia), dapat diolah dan dimanfaatkan minyaknya untuk memasak. Minyak alpukat dengan cepat mendapatkan popularitas karena titik asapnya yang tinggi sehingga memiliki kemungkinan besar untuk menumis dan menggoreng aduk dalam/ tenggelam. Selain itu juga mampu dimanfaatkan seperti minyak zaitun ketika digunakan dalam salad dan dengan sayuran dan dips. Untuk menjaga kualitas minyak jenis ini sebaiknya disimpan jauh dari panas dan cahaya agar bertahan sampai satu tahun. Memiliki kandungan vitamin-E yang cukup tinggi. Minyak alpukat memiliki titik asap dari 491 ° F

5.      Minyak Biji Labu  ( Pumpkin Seed Oil )


Minyak Biji Labu| Minyak Goreng Sehat Alami

Tidak kalah unik lagi kan…,ternyata biji labu yang biasanya kita buang atau sebagai limbah rumah tangga dapat diambil minyaknya yang cocok untuk masakan tertentu. Minyak biji labu memiliki kekhasan dan keunikan dalam warna, karena berspektrum dari warna merah ke emas hijau. Ini umumnya digunakan dalam salad dressing, terutama bila dikombinasikan dengan minyak zaitun atau madu hmmm sangat lezat sepertinya. Banyak orang juga menemukan rasa yang unik cocok untuk resep hidangan penutup. Karena memiliki titik asap yang relative rendah dari 320 ° F maka pemanasan langsung tidak dianjurkan. Minyak biji labu telah diproduksi dan digunakan sejak abad ke-18, yang biasa digunakan dan popular di di Austria dan Slovenia.

Dari 11 jenis minyak masak sehat yang baik dan terpopuler di dunia sudah kami ulas 5 jenis. Karena kesibukan/ keterbatasan waktu, maka akan kami lanjutkan pada artikel bagian II yaa. Silakan baca lebih lanjut di “Mengenal 11 Jenis Minyak Masak Sehat Terpopuler Bagian II”.