SEJARAH SINGKAT MINYAK KELAPA DAN KEAJAIBANNYA YANG TERLUPAKAN

Pohon kelapa banyak dijumpai di daerah tropis sehingga minyaknya dikenal juga sebagai minyak tropis (Tropical Oil). Minyak kelapa termasuk salah satu hasil olahan dari buah/daging kelapa. Pada zaman dahulu minyak kelapa yang lebih dikenal dengan nama minyak klentik biasa digunakan oleh nenek moyang kita untuk menyemir rambutnya agar hitam berkilau dan subur.
Tradisi mengkonsumsi minyak kelapa sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia tradisional. Contoh seorang ibu yang mengandung dianjurkan sejak usia kehamilan 6 bulan mulai banyak minum minyak kelapa agar persalinan normal dan lancar serta produksi ASI pun banyak.
Berdasarkan keterangan ilmiah dari Prof. Dr. Walujo S. Soerjodibroto, MSc, SpG(K) guru besar Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, minyak kelapa memiliki kelebihan yaitu 50% asam lemak pada minyak kelapa berupa asam laurat dan 7% adalah asam kapriat. Keduanya merupakan asam lemak jenuh golongan rantai sedang (MCFA) yang sangat mudah dimetabolisme dan bersifat antimikroba (antivirus, antibakteri pathogen dan antijamur) maka sangat penting untuk  imunitas/ kekebalan tubuh. Selain itu ternyata hasil penguraian lemak jenuh rantai sedang jarang disimpan sebagai lemak dan tidak menumpuk mempersempit pembuluh darah. Minyak kelapa mempunyai kadar asam lemak tak jenuh ganda omega-3 EPA dan DHA yang dapat menurunkan kolesterol jahat/VLDL, menjaga viskositas darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah. Asam lemak dalam minyak kelapa banyak mengandung asam lemak ikatan rantai sedang yang sangat berguna memperbaiki asam lemak tubuh secara sinergis bersama asam lemak esensial. Kandungan MCFA minyak kelapa juga sama/ seimbang dengan air susu ibu (ASI) yaitu memberi gizi lengkap dan sebagai pelindung tubuh dari penyakit menular dan penyakit degeneratif.
Setelah diteliti kembali oleh Prof. Jon J Kabara dari Universitas Michigan, kini  kepopulerannya pun dihidupkan kembali oleh media barat. Ironisnya di negara asal seperti Indonesia, trend minyak kelapa yang jauh lebih sehat dan aman daripada minyak sawit malah menurun. Dan saat ini di kalangan yang peduli dengan kesehatan alami minyak kelapa tidak lagi digunakan untuk minyak goreng/ minyak sayur tetapi diyakini berkhasiat obat tentu dengan pemilihan kualitas bahan baku yang baik dan cara pengolahan inovatif.

VCO Terbaik

Uraian di atas masih seputar minyak kelapa hasil pengolahan secara tradisional warisan leluhur Nusantara, Di era modern seiring perkembangan ilmu pengetahuan produk minyak kelapa semakin diperbaiki untuk mendapatkan gizi tinggi dan khasiat yang luar biasa bagi tubuh manusia sehingga muncul istilah Minyak Kelapa Murni (perawan) yang unik. Kabar baiknya, kami akan membahas satu demi satu keunikan pada artikel-artikel selanjutnya.
Dan jika Anda mendambakan revolusi kesehatan serta kecantikan yang awet alami, vitalitas dan daya tubuh prima maka teruskan membaca postingan-postingan kami selanjutnya.

Anda memiliki masalah kwalitas darah, peredaran darah, sistem metabolisme tubuh yang buruk dan ingin memperbaikinya?, berarti SELAMAT....Anda telah berkunjung pada blog yang tepat.