Minyak Kelapa Murni vs Minyak Kelapa Lainnya dan VCO Terbaik "Alam Nusantara"


Jika ditinjau dari metode dan proses pembuatannya, minyak kelapa ada 3 jenis yaitu :

1.    RBD-Coconut Oil (Refined, Bleaching, Deodorized)

Dibuat dari kelapa kopra, yaitu daging kelapa yang dikeringkan lalu diekstrasi yang kemudian hasil nya berupa minyak mentah. Jika belum dimurnikan minyak ini tidak layak dikonsumsi karena proses pengeringan kopra tidak memperhatikan sanitasi.
Minyak mentah ini untuk selanjutnya diproses dengan pemurnian (refined), pemutihan (Bleacing) dan penghilangan aroma (deodorized). Ketiga proses tersebut melibatkan penambahan bahan kimia dan pemanasan suhu tinggi. Pemanasan lebih dari 200 ° C tentu akan menyebabkan terjadinya perubahan pada struktur molekul asam lemak menjadi asam lemak trans. Akibatnya tentu kandungan bahan aktif dalam minyak menjadi hilang.

2.    Minyak kelapa tradisional/ klentik

Minyak jenis ini dahulu banyak dijumpai di masyarakat pedesaan untuk menggoreng, untuk penghitam dan penyubur rambut bahkan untuk diminum bagi ibu hamil menjelang persalinan agar lahir normal dan lancer. Namun sekarang seiring populernya minyak sayur/ sawit, maka minyak klentik jarang ada yang mau membuat/ memakainya. 
Minyak klentik dibuat dengan memanaskan santan kelapa dengan suhu 100 – 120 derajat C, sehingga hasilnya berwarna kuning karena rusaknya vit E menjadi beta karoten. Secara jenis asam lemaknya masih baik masih tergolong rantai sedang dan masih stabil tetapi kadar Vit E nya sudah sangat berkurang, padahal Vit E dalam minyak kelapa sangat baik untuk mencegah proses oksidasi dan baik untuk peremajaan sel tubuh. Walau demikian sebenarnya minyak kelapa asli ini masih lebih baik dari pada minyak sayur/ minyak sawit. Penjelasan terkait hal ini sudah dipaparkan pada artikel sebelumnya.

3.    Minyak kelapa murni/minyak perawan/ minyak dara / Virgin Coconut Oil (VCO)

Pembuatan minyak kelapa murni/ minyak perawan/ minyak dara ini dilakukan dengan suhu rendah (<60 ° C), bahkan untuk hasil maksimal produsen yang baik dan modern sudah menerapkan metode pengolahan dalam suhu dingin. Keunggulan minyak ini adalah struktur kimia tidak berubah. Selain itu tanpa proses pemutihan dan hidrogenasi sehingga menghasilkan minyak murni dengan kandungan zat aktif yang tinggi.
Untuk mendapatkan VCO berkualitas tinggi diperlukan ketelitian yang tinggi. Jika terjadi kesalahan dalam proses pembuatan akan menghasilkan minyak yang kualitasnya rendah. Kualitas VCO dipengaruhi oleh beberapa faktor. Syarat VCO berkualitas baik antara lain :
* Dibuat dari buah kelapa segar, lebih utama dari jenis dan usia pohon yang sama
* Dibuat dari kelapa varietas asli, bukan kelapa hibrida
* Tidak ada proses penyulingan
* Tidak ada proses pemutihan
* Tidak ada proses deodorisasi
* Tidak mengalami proses hidrogenasi
* Terbebas dari bahan kimia tambahan
* Terbebas dari mikroorganisme
* Kadar air sangat rendah kurang dari 0.1% max 0.2%

 Minyak Kelapa Murni Terbaik




Jika melihat klasifikasi di atas maka kami hanya konsen menjual produk VCO ALNUSA (ALam Nusantara) Group. Ini karena sebuah keyakinan bahwa Anda tentu lebih memilih jenis minyak sehat dengan kwalitas terbaik demi kesehatan dan kwalitas hidup yang lebih baik, walaupun secara harga sedikit lebih mahal, tapi akan terasa murah jika melihat perbedaan mutu yang jauh lebih tinggi. Terlebih lagi setiap varian produk VCO Alam Nusantara memeliki keistimewaan dan keunikan tambahan yang nanti akan kami paparkan lebih lanjut pada artikel lainnya (silakan klik di sini).