MENCEGAH DIABETES SECARA ALAMI DENGAN MINYAK KELAPA DAN SANTAN

Bagi kita santan kelapa sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga. Karena hampir bagi kebanyakan orang suka sekali menggunakan santan kelapa ini untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk penggunaan masak-memasak hingga untuk urusan lainnya misalnya untuk produk cemilan juga ada khas dari santan, juga untuk bahan utama pembuatan minyak kelapa murni yang sering kita kenal dengan nama Virgin Coconut Oil (VCO).

Santan adalah hasil ekstrasi daging kelapa tua berupa cairan putih kental yang dibuat dengan atau tanpa penambahan air. Sekilas wujudnya memang terlihat seperti susu, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Coconut Milk. Apakah hanya karena alasan warna dan bentuk mirip susu saja sehingga istilah ini muncul? Sama sekali tidak tetapi karena santan juga termasuk bahan pangan yang memiliki kadar air, protein bahkan lemak yang termasuk cukup tinggi seperti halnya susu sapi. Keunggulan santan dibandingkan susu sapi adalah dalam santan tidak terdapat kandungan laktosa sehingga santan dapat dikonsumsi oleh para penderita Lactose Intolerant.  Selain itu kandungan santan dan ASI sangat identik,  tapi bukan berarti santan digunakan sebagai pengganti ASI lho ya...

Minyak kelapa sendiri adalah saripati dari santan itu, karena santan adalah emulsi (gabungan antara air minyak dan protein), sedangkan minyak kelapa adalah santan yang sudah di hilangkan unsur airnya kira-kira 10 butir kelapa dapat menghasilkan 1 liter minyak kelapa. Sedangkanntuk mendapatkan minyak kelapa murni kualitas premium dapat diperoleh dari 20 hingga 30 butir kelapa unggulan

Banyak pertanyaan  tentunya bagaimana bisa santan dan minyak kelapa bisa membantu mencegah penyakit diabetes mellitus. Ada yang mengenal sebagai makanan untuk penderita diabetes dan darah tinggi. Hal ini karena telah terbukti oleh para pakar kesehatan internasional sebagai sumber energi cepat yang sangat aman untuk menstabilkan gula darah dan membersihkan darah dari kolesterol jahat penyebab darah tinggi, stroke dan jantung koroner. Bahkan tidak sedikit dokter senior yang berani menyebut santan dan minyak kelapa sebagai obat anti diabetes, obat pencegah diabetes ataupun jamu herbal untuk diabetes dan merekomendasikannya sebagai menu diet penderita diabetes mellitus. Bukankah diabetes sekarang menjadi momok masyarakat dunia dimana sekarang usia mudapun rawan terserang penyakit ini, maka karena inilah kami turut mengkampanyekan bahwa Minyak Kelapa Murni dan santan sebagai bagian dari cara mencegah diabetes sejak dini yang sangat efektif.

Bicara masalah diabetes mellitus akibat ketidaknormalan gula darah. Maka yang menjadi perhatian tidak hanya penyakit diabetesnya saja, karena komplikasi yang diawali dari diabetes ini sangat berbahaya. Seperti gangguan ginjal, jantung, hipertensi, stroke, katarak, kebutaan, kerusakan syaraf, tuli dan gangren (luka menahun), yang kadang harus diamputasi. Nah soal gangren minyak kelapa murni selain diminum untuk pencegahan dan pengobatan dari dalam, juga sangat ampuh untuk sebagai obat luka diabetes (luar tubuh).  

Pola makan memegang peran penting baik dalam kemunculan diabetes maupun pengendaliannya, jenis makanan yang kita makan dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes atau sebaliknya dapat melindungi kita dari diabetes. 

Mari kita simak penjelasan penting berikut ini: 
Manusia modern saat ini yg bergantung pada karbohidrat/glukosa menjadi lemas, gemeteran, pusing-pusing, maagh kalau telat makan atau tidak mendapatkan asupan karbohidrat. Coba pakai logika bahwa jaman dulu kala manusia harus berburu, berperang, berpuasa dan belum tentu mereka makan 3x sehari seperti kita saat ini tapi apakah mereka panik, gemetar seperti manusia jaman sekarang yangkalau telat makan bisa emosional uring-uringan?. Lemahnya manusia jaman sekarang, karena ketergantungan dengan karbohidrat/glukosa sebagai sumber makanan utama. 

Menurut World Health Organization (WHO), sampai 50% dari seluruh populasi urban Nauru berusia 30 – 64 tahun yang ada di di Indonesia (banyak terdapat di daerah Manado), kini menderita diabetes.
Di Manado banyak dijumpai kelapa, masyarakat tidak sedikit yang pekerjaannya membuat kopra, dan mereka mendapat uang dari penjualan produk-produk kelapa. Setelah mendapat uang, mereka membeli makanan instant seperti mie instant, kue dan cemilan cemilan berkarbohidrat tinggi. Itu termasuk makanan favorit di sana dan fenomena ini menjadi umum terjadi di hampir seluruh Indonesia, negeri yang memiliki populasi pohon kelapa terbaik dan terbesar di Dunia. Menyedihkan sekali bukan??

Kembali ke diabetes mellitus. Ada  satu jenis lemak yang dapat dimakan oleh penderita diabetes tanpa perlu khawatir kadar kolesterol naik atau gula darah meningkat, tetapi justru terjadi yang sebaliknya. Lemak semacam ini adalah minyak kelapa, yang di era leluhur/ nenek moyang bangsa Indonesia pernah menjadi primadona namun sekarang hampir terlupakan.

Wahai saudara-saudaraku….penderita diabetes haruslah diet karbohidrat. Kenapa? karena karbohidrat harus diubah dulu sebelum menjadi energi dan perubahannya membutuhkan insulin yang di produksi oleh pankreas. Sedangkan penderita diabetes, produksi insulinnya sudah terbatas, bahkan yang paling parah sudah tidak dapat lagi menghasilkan insulin. Akibatnya gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi energy, membebani tubuh, tubuh terasa lesu karena walau makan karbohidrat dalam jumlah banyak tidak dapat/lambat menjadi energi maka tubuh pun makin lemah... 

Kandungan santan / minyak kelapa adalah MCFA (medium chain fatty acid). MCFA dalam minyak kelapa dapat mensuplai energi yang diperlukan tanpa insulin. Santan dan minyak kelapa meringankan beban kelenjar pankreas, sehingga memungkinkan pankreas berfungsi lebih efisien. Ilustrasi perbandingan MCFA (santan/minyak kelapa) dibandingkan dengan LCFA seperti berikut;

cara menstabilkan gula darah

Salah satu publikasi Journal of the Indian Medical Association menganjurkan untuk meningkatkan konsumsi minyak kelapa sebagai cara untuk mencegah diabetes. Dan untuk santan-nya juga bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Bisa mulai dari kelapa segar yang langsung dikonsumsi, ataupun dibuat santan untuk makanan dan minuman. Untuk yang sehat usahakan minimalisir gula pasir, gunakan saja gula kelapa dalam takaran secukupnya. Tentu informasi ini bisa disikapi dengan bijak, konsumsi makanan yang berlebihan tidak baik, dan perlu diketahui konsumsi yang terbaik dengan pola makan seimbang. Jangan lupa konsumsi serat sayur dan buah serta protein. 

Dengan ini ijinkan kami ikut memperkenalkan kepada masyarakat Produk VCO Terbaik Alam Nusantara sebagai makanan sumber energi cepat dan pengganti karbohidrat. Bukan sama sekali untuk meninggalkan zat tepung/pati sebagai sumber karbohidrat tapi kami mengajak untuk mengurangi sekali konsumsinya, mengingat dampak negatife yang tidak main-main. ALNUSA Organik Extra VCO sangat baik sebagai solusi penyakit diabetes.