Sumber Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 6 Bulan

Sumber makanan terbaik untuk bayi yang saya maksud adalah setelah bayi genap berusia 6 bulan dan sudah diperbolehkan memberikan makanan pendamping selain ASI. Diperbolehkan dan disarankan karena sudah melewati masa ASI eksklusif yaitu 6 bulan pertama sejak kelahirannya. Terkait ini agar lebih jelas bisa dilihat pada tulisan sebelumnya, silakan baca: MAKANAN UNTUK BAYI USIA 6 BULAN PERTAMA.

Sumber Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 6 Bulan

Baik, inilah dia sumber nutrisi yang sangat disarankan untuk terpenuhi demi pertumbuhan sel otot, sel tulang, sel syaraf dan sebagainya pada si mungil yang penting demi masa depannya yang cerah.

Susu

Mengingat kelengkapan nutrisinya yang luar biasa, maka pemberian  ASI sebaiknya dilanjutkan hingga tahap 1 tahun dulu, selanjutnya baru sesuai saran maksimal yaitu hingga 2 tahun. Menyusui yang baik yaitu setiap 2 jam atau 3 jam atau boleh juga sesuai keinginan bayi Anda. Alternatifnya jika ASI tidak keluar adalah berupa susu formula khusus kira-kira seberat 20 hingga 35 ons setiap hari.

Buah Tahap Awal

Makanan halus untuk perdana berbahan buah yang bagus untuk bayi, contohnya adalah dari pisang, pepaya, alpukat, apel, persik, aprikot, mangga labu, plum dan pir.

Sayuran Tahap Awal

Pencernaan sang bayi sudah bisa mencerna sayuran rebus yang dilumat haluskan seperti berbahan kacang hijau, ubi jalar wortel, kentang dan lain-lain.

Air Mineral

Tentu yang dipilih adalah air yang telah matang direbus walaupun mungkin berasal dari air mineral kemasan yang Anda beli. Pemberian air segar ini minimal sehari tiga kali.

Bubur Sereal dan Kacang-kacangan

Contohnya berupa bubur nasi, gandum dan jelai untuk mencukupi kalori sumber tenaga dan nutrisi penting lain bagi pertumbuhannya.

Daging dan Ikan

Ikan laut maupun ikan air tawar dan daging unggas yang direbus lalu dihaluskan serta daging merah yang kaya akan zat besi sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan protein dan mineral bagi pertumbuhan sel-sel tubuh. Pastikan tulang maupun duri sudah dibersihkan sebelum daging atau ikan itu dihaluskan.
Itulah sumber makanan yang sebaiknya ada dalam menu makanan bayi setelah usia 6 bulan. Bingung detilnya apa yang harus diberikan dan bagaimana dengan waktu pemberiannya?. Jika demikian maka susunlah tulisan yang rapi berupa jadwal menyusui  dan menyuapinya dengan menu pendamping, lalu tempel dengan rapi di dinding ruang meracik makanan.

Jadwal Menu Makan untuk Bayi 6 Bulan

Anda dapat merancang jadwal/ bagan makanan bayi sesuai dengan kondisi anda dan sang bayi. Saya hanya memberikan beberapa contoh berikut;
  1. Sesaat setelah bangun:  Berikan ASI atau alternatif penggantinya.
  2. Sarapan pagi lebih kurang pukul  7.30 – 8.00: Bubur buah atau sayuran dengan tekstur sangat halus.
  3. Makan siang (11: 30-12: 30): bubur sereal dari beras atau gandum.
  4. Makanan ringan tambahan (15: 30 - 16: 00): buah atau sayuran blender agak sedikit kasar.
  5. Makan malam perkiraan jam 6 sampai jam 7 malam: berikan campuran sayuran, buah dan kacang/ biji-bijian yang dihaluskan jadi satu.

     Sekali lagi jadwal tersebut di atas hanyalah contoh secara garis besar, untuk jenis buah dan sayur yang dipilih dan berapa rasio komposisinya nanti akan coba saya tuliskan contohnya lagi di lain kesempatan. Selebihnya tetap sesuaikan dengan kondisi bayi Anda karena terkadang ada catatan kesehatan khusus yang mungkin berbeda dengan bayi lain pada umumnya. Anda juga tidak boleh terlalu kaku mengikuti referensi buku atau teks-teks lain. Jika si kecil kelihatan menyukai dan bahagia, dan memang spesifik bahan makanan yang diberikan masih mematuhi standar gizi menurut ilmu kesehatan, ya lanjutkan. Dengan demikian Anda akan makin memahami si buah hati dan ikatan batin kalian makin terajut.
Salam Bahagia......