MAKANAN BAYI 6 BULAN PERTAMA KALI

Tahukah kawan apa makanan bayi 6 bulan pertama kali setelah lahir yang terbaik untuk masa depannya?. Ketika sang bayi masih berada dalam kandungan, maka mekanisme alur pemenuhan kebutuhan nutrisinya tergolong mudah karena melalui saluran plasenta dari tubuh ibu. Tetapi pasca melahirkan maka si kecil membutuhkan perawatan khusus dan makanan yang diperlukan sudah melalui jalur oral. Perubahan drastis ini perlu mendapat perhatian lebih terutama di bulan-bulan awal orang tua harus ekstra hati-hati terhadap pemilihan menu makanan. Setiap kekurangan gizi pada masa awal ini akan berbahaya bagi pertumbuhan dan masa depannya.

Makanan Bayi 6 Bulan Pertama Kali

Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Pertama

Selama 6 bulan pertama dari sejak lahir asupan nutrisi bayi sebaiknya terpenuhi hanya dari satu sumber berupa Air Susu Ibu yang kemudian dikenal ASI eksklusif. ASI inilah sebetulnya paling bergizi dan paling terjamin keamanannya bagi bayi yang sedang dalam tahap penyesuaian perubahan alam, pertumbuhan dan membangun daya imunitasnya.

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi

  1. Susu ibu membantu si kecil dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan yang sehat sehingga dia lebih terlindungi dari berbagai jenis penyakit. Bukan hanya gangguan penyakit pada masa usia itu tapi juga sistem imunitas yang terbangun baik untuk benteng pertahanan alami terhadap masalah kesehatan di usia dewasa kelak.
  2. Terbukti secara ilmiah pula bahwa air susu yang keluar pertama kali mengandung kolostrum sebagai zat yang sangat kuat dan ampuh melawan semua jenis infeksi. Selain itu air susu ini mengandung Vitamin A terbaik yang hanya akan diterima di masa ini sepanjang hidupnya.
  3. ASI perdana juga memiliki kadar protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh bayi untuk pertumbuhannya.

Itulah beberapa kelebihan dan keistimewaan ASI di masa 6 bulan pertama usia bayi, yang tidak mungkin bisa terwakili dengan kualitas sama oleh bahan makanan jenis apapun. Dengan demikian Anda tidak bisa menyangkal bahwa ASI eksklusif adalah satu-satunya sumber nutrisi terpenting yang sebaiknya wajib diberikan kepada bayi usia 0 – 6 bulan tanpa ada tambahan makanan pendamping lain. Adapun untuk selanjutnya pemberian ASI  jika memang memungkinkan, sebaiknya dilanjutkan hingga bayi mencapai usia 2 tahun. Dalam rentang usia di atas 6 bulan hingga 2 tahun inilah boleh disertai dengan menu makanan pendamping tambahan.

Bagaiamana Jika ASI Tidak Keluar?

Seperti yang telah disampaikan bahwa tentu saja pemberian ASI perdana merupakan bentuk nurisi terbaik tiada banding untuk bayi, tetapi mungkin karena alasan tertentu seperti kelainan atau persoalan medis lain maka ibu berhalangan tidak bisa menyusui sewajarnya. Berikut langkah-langkah pemecahan terhadap masalah ini;
  1. Berkonsultasilah terhadap dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa Anda memang dengan segala upaya sudah tidak memungkinkan dalam pemberian ASI eksklusif.
  2. Jika memang sudah dipastikan tidak bisa menyusui biasanya dicarikan makanan alternatif untuk sang bayi. Umumnya dokter menyarankan berupa susu formula khusus dan tidak diperbolehkan menggunakan susu sapi segar karena disamping kelengkapan gizinya jauh di bawah ASI, juga pencernaan bayi akan sulit menerimanya.
  3. Hal yang perlu disadari dan dimaklumi adalah sebaik apapun makanan pengganti tidak akan mampu menyamai kualitas ASI. Untuk itulah berdasarkan banyak referensi internasional yang saya baca, asupan nutrisi pengganti entah berupa susu formula khusus sebaiknya ditingkatkan kadar zat-zat penting yang menjadi kandungan utama seperti yang ada dalam ASI. Terkait hal ini ternyata zat yang berfungsi sebagai antibiotik alami dalam ASI adalah Asam Laurat dan Asam Kaprat. Kedua jenis asam lemak esensial ini ternyata dalam kadar yang seimbang juga ada dalam Santan Kelapa atau yang berupa saripatinya dalam bentuk minyak kelapa murni.


VCO dan Santan Kelapa sebagai Solusi bagi ASI yang Tidak Lancar.

Perhatikan tabel perbandingan kadar kandungan gizi pada ASI dan santan kelapa sebagai bahan baku pembuat minyak kelapa murni non kolesterol.

Makanan Bayi Umur 6 Bulan Pertama Kali

Dari tabel di atas tidak heran jika pakar ilmu kimia lipid dan fellow dari American College of Nutrition bernama  Mary G, Enig, Ph.D,  dalam penelitiannya lebih dari 5 tahun yang lalu mengatakan bahwa kandungan gizi minyak kelapa murni hampir sama dengan ASI eksklusif khusus untuk zat-zat yang bersifat antibodi. Rajin mengonsumsi minyak dara selama mengandung  akan meningkatkan produksi ASI nantinya setelah melahirkan baik secara kualitas maupun kuantitas sehingga cara ini bisa diterapkan untuk mencegah atau mengurangi resiko ASI tidak mau keluar. Sedangkan di Indonesia  belum lama mulai dipopulerkan gerakan santan eksklusif bersama minyak kelapa murni yang dipelopori oleh dr. Zainal Gani yang berasal dari kota Malang.

Makanan Bayi Usia 6 Bulan Pertama

Atas dasar tersebut bagi Ibu yang tidak bisa menyusui dengan wajar, maka saya sering menyarankan penambahan 1 sendok teh minyak kelapa murni (VCO) organik Alam Nusantara ke dalam setiap 120 ml susu formula yang siap diberikan kepada bayi. Yang perlu diperhatikan di sini adalah penambahan minyak ini dilakukan ketika susu formula dalam keadaan hangat (kurang dari 50 derajat Celcius) agar tidak merusak antibiotik alami yang dibawanya.

[ Baca juga: MENU MAKANAN BALITA TERBAIK ]