15 JENIS BUAH YANG BAGUS UNTUK IBU HAMIL

Mengenal buah yang bagus untuk Ibu hamil menjadi pokok bahasan yang cukup diminati banyak keluarga bahagia. Bagi yang sedang mengandung si buah hati, sangat dianjurkan melakukan diet sehat, terutama melebihkan porsi buah dan sayur lebih banyak dari wanita yang tidak sedang hamil. Dalam ilmu gizi dan boga, buah dikenal sebagi penyedia mineral dan vitamin meskipun ada beberapa yang unik karena juga diperkaya dengan karbohidrat, lemak dan protein nabati. Mengonsumsi makanan sehat kaya akan vitamin, mineral dan serat akan menjaga nutrisi lengkap bagi bayi dan juga Anda yang mengandungnya.


Jenis Buah yang Baik untuk Menu Diet Ibu Hamil

Pentingnya Buah dalam Menu Diet Ibu Hamil

Buah wajib selalu dimasukkan dalam bagian menu rutin keseharian Anda karena peranannya yang vital. Contoh saja beta karoten dalam buah sangat membantu dalam perkembangan sel dan jaringan juga sebagai pondasi kekebalan tubuh yang prima. Vitamin C dan Kalsium yang hampir selalu ada di semua buah, penting untuk perkembangan gigi dan tulang, sedangkan asam folat mencegah pertumbuhan abnormal janin Anda. Serat juga menjadi zat yang selalu ada dalam mayoritas jenis buah sebagai anti sembelit dan anti wasir. Hal-hal tersebut hanya sebagian kecil dari banyak contoh, untuk lebih luasnya saya mencoba merangkum 15 jenis buah yang sangat penting bagi kesehatan dengan kandungan nutrisinya sebagai berikut;

15 Buah Yang Bagus untuk Ibu Hamil

Berikut adalah berbagai jenis buah yang bisa Anda makan selama kehamilan Anda. Semuanya sudah diseleksi dengan teliti dan terbukti sangat sehat untuk menunjang perkembangan si kecil serta akan memberi Anda nutrisi dan energi yang cukup. Menu diet Anda harus mencakup setidaknya 15 buah berikut selama kehamilan.

1. Aprikot

  • Aprikot mengandung Vitamin A, C, E, Beta Karoten, Fosfor, Silikon, Kalsium, Besi dan Kalium.
  • Buah ini hadir dengan semua nutrisi super yang membantu dalam perkembangan kesehatan bayi Anda.
  • Aprikot dalam bentuk kering adalah sumber zat besi yang kaya, yang penting untuk mencegah anemia.
  • Anda bisa mengkonsumsi hingga 2 sampai 5 aprikot setiap hari.
  • Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi buah super ini. Selengkapnya silakan baca di: Khasiat dan Efek Samping Buah Aprikot.


2. Buah Ceri

Ceri merupakan sumber vitamin C cukup tinggi dan saat hamil, Anda memerlukan cukup banyak vitamin C untuk melawan infeksi seperti demam dan ruam-ruam. Makan ceri juga membantu suplai darah ke plasenta sampai tubuh bayi secara efisien. Ceri mengandung zat Melatonin yang unik. Para ahli mengatakan bahwa melatonin membantu Anda tidur nyenyak dan sebagai hormon anti-stres yang kuat.

3. Anggur

Anggur bisa menjadi pilihan cemilan buah sehat Anda selama masa kehamilan, sambil bersantai di teras rumah atau ruang keluarga. Buah ini penuh dengan nutrisi penting seperti glukosa, fruktosa, pholbaphene, asam galat, asam silikat, asam oksalat, pektin, magnesium, kalsium, besi, asam folat dan vitamin B1, B2, B6, B12, A, C, P, dan Vitamin K serta beberapa jenis enzim yang bermanfaat.

4. Jambu Biji
            Jambu biji putih lebih disarankan untuk wanita hamil daripada yang merah. Pilihlah yang telah matang dan jangan ikut termakan biji nya karena akan sulit dicerna dan menyebabkan sulit BAB. Terkait khasiat dan lain-lain sudah tercantum pada ulasan khusus mengenai buah ini. Silakan baca: JAMBU BIJI UNTUK IBU HAMIL | Manfaat dan Bahayanya.

5. Kiwi
Buah yang terkenal berasal dari benua Australia ini jika sudah matang sangat lezat dan menyegarkan. Kiwi penuh dengan nutrisi penting seperti Vitamin C, E, A, Kalium, Phosporus, Magnesium, Asam Folat dan serat makanan. Kiwi dikenal memiliki efek penyembuhan pada gangguan sistem pernafasan manusia seperti batuk dan sesak nafas karena cuaca dingin. Kemampuan yang menakjubkan dalam proses pembekuan darah karena pada buah ini mengandung zat fosfor yang cukup banyak. Kiwi juga berhasil membantu penyerapan zat besi dengan mudah.

6. Buah Apel
Apel dapat membantu meningkatkan kekebalan dan kekuatan sang bayi. Jika sedari hamil ibu rajin memakan apel maka akan mengurangi resiko anak terkena eksim, asma dan batuk mengi, ketika telah lahir nanti. Ini karena apel kaya dengan nutrisi seperti Vitamin A, D, E dan mineral Zink.

7. Mangga

Sering  kejadian bahwa pada awal-awal gejala kehamilan banyak wanita yang mengidam mangga muda. Hal ini wajar karena tubuh sedang membutuhkan zat-zat anti infeksi dan mempersiapkan pencernaan yang baik, dan mangga memiliki kemampuan untuk itu. Tetapi ingat makannya jangan kebanyakan ya, apalagi dicampur dengan sambal pedas..., nanti malah diare. Yang baik tetap mangga matang yang berasa manis. Selain lezat , Vitamin C dan antioksidannya juga sangat tinggi.

8. Pear

Pear tergolong buah dengan kadar air sangat tinggi, dan ini bagus untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh alias anti-dehidrasi. Buah ini juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga dianjurkan untuk ibu hamil. Seperti telah banyak disebutkan zat asam folat efektif mencegah cacat tabung syaraf bayi menjelang kelahiran.

9. Stroberi

Sama halnya seperti ceri atau anggur, buah ini juga memberikan sensansi kenikmatan ngemil bagi ibu hamil. Semangkuk stroberi yang segar dan matang cukup memenuhi sebagian besar kebutuhan vitamin dan serat. Kandungan Folatnya jg lumayan baik dan dilengkapi mineral lain seperti potasium dan mangan yang penting dalam pertumbuhan dan penguatan tulang janin.

Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

10. Semangka

Buah ini juga mengandung banyak air sehingga dikenal sebagai buah penawar dahaga ketika cuaca sedang panas terik. Semangka termasuk sumber Vitamin A, B6, Vitamin C dan mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi yaitu Magnesium dan Kalium. Cukup tinggi pula kadar seratnya sehingga ideal untuk kondisi hamil.
Semangka juga membantu menangkal perasaan mual saat pagi hari (morning sickness). Dokter atau ahli kehamilan biasanya menyarankan pelibatan semangka dalam menu diet Anda pada trisemester terakhir karena efektif mengurangi resiko luka pada jantung, pembengkakan di tangan dan kaki, kram otot dan membuat sel-sel tubuh tetap terhidrasi.

11. Bluberi
Konsumsi bluberi harus dihindari memakannya dalam jumlah banyak. Secangkir buah ini mengandung 114 mg potasium yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah anda. Dilengkapi dengan Vitamin C, kalsium, asam folat dan serat yang cukup. Cara terbaik menikmati bluberi yaitu dengan menambahkannya ke menu sarapan pagi misal berupa sereal atau roti tawar.

12. Buah Sawo
Siapa sangka buah yang bentuk dan warnanya kurang menarik ini ternyata baik sekali untuk wanita hamil. Sawo penuh dengan ion atau elektrolit, Vitamin A, karbohidrat berjenis baik sehingga untuk ibu menyusuipun sangat cocok. Manfaat kesehatan bagi calon ibu, selain mengatasi mual dan pusing, buah sawo juga ampuh dalam mencegah sindrom iritasi usus besar. Mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus memerangi masalah perut lain seperti disentri maupun diare.

13. Pisang
Inilah fakta-fakta mengapa banyak manfaat buah pisang untuk ibu hamil;
  • Pisang memiliki folat, vitamin C, B6, potasium, magnesium, dll. Tidak perlu diulang-ulang lagi secara luas ya fungsi zat-zat ini, tetapi hanya poin penting selanjutnya.
  • Folat melakukan pekerjaan luar biasa untuk melindungi janin sebelum lahir dari cacat tabung saraf.
  • Vitamin B6 membantu mengatur kadar natrium Anda, mengendalikan mual dan muntah.
  • Kandungan magnesium yang kaya dalam pisang membantu mengembalikan keseimbangan cairan yang sehat.
  • Mineral Kalium sangat berguna untuk melindungi diri dari potensi penyakit stroke akibat tekanan darah tinggi atau komplikasi terkait kehamilan lainnya.
  • Dokter biasanya merekomendasikan mengonsumsi satu pisang setiap hari selama trimester pertama kehamilan Anda.

14. Alpukat

  • Sumber asam folat yang baik untuk anti-depresi, insomnia, dan anti-anemia.
  • Mampu mencukupi kebutuhan kalsium bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung.
  • Kandungan vitaminnya cukup lengkap meliputi Vitamin B1, B2, B6, C, E dan K yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan janin serta menjaga kebugaran sang ibu. Khusus Vitamin B6 dapat mengatasi morning sick.
  • Zat besi yang dimiliki juga cukup untuk menangkal ancaman kurang darah. Selain itu yang paling terkenal dari Alpukat adalah kandungan lemak nabati yang bersifat baik sebagai sumber energi cepat yang bisa diandalkan.
  • Alpukat lebih disarankan dinikmati dalam bentuk jus dengan sedikit gula kristal kelapa atau kristal aren dan satu sendok teh minyak kelapa dara. Pilihlah gula aren kristal organik karena aman bagi kestabilan gula darah. Selengkapnya Anda bisa membaca di; MANFAAT GULA AREN KRISTAL.

15. Delima

Buah yang terkadang disebut mutiara merah ini mengandung kalori cukup tinggi, folat, protein, zat besi, kalsium dan Vitamin C. Oleh karena itu mengonsumsi delima baik dalam keadaan utuh maupun dengan cara dijus sangat dianjurkan para pakar nutrisi.


Itulah beberapa pentingnya buah yang bagus untuk ibu hamil, sebagai pelengkap menu makanan sehat selama mengandung. Pelengkap di sini berarti masih banyak sumber nutrisi lain non buah seperti sayuran, daging, ikan dan lain-lain. Semoga saya diberi waktu dan kesempatan berikutnya untuk membahas satu-persatu sumber makanan lainnya tersebut.