Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh

Gejala maagh yang diakibatkan adanya luka pada lambung atau peradangan yang bisa disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur merupakan menyebabkan produksi asam lambung tidak normal. Asam lambung jika kambuh biasanya akan merasakan perih dan mual pada penderitanya. Obat asam lambung tradisional paling ampuh adalah meminum VCO rutin setiap hari 2 kali sehari dengan didukung diet sehat, juga memperbaiki pola makan dan pola istirahat.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit ini disebut juga Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang ditandai dengan kondisi rasa nyeri di ulu hati dan terasa terbakar pada dada karena naiknya asam lambung yang menuju esofagus.

Penyebab Asam Lambung Naik 

Biasanya penyebab asam lambung naik karena sudah tidak berfungsinya LES atau Lower Esophageal Sphinchter. Lingkaran otot ini merupakan lingkaran otot yang mempunyai fungsi sebagai suatu pintu otomatis saat makanan dan minuman masuk ke lambung. Pada saat makanan dan minuman masuk LES ini akan menutup agar mencegah asam dan juga makanan pada lambung agar tidak bisa naik lagi ke esofagus.

Namun jika LES sudah tidak bisa menutup lagi dengan baik dan menjadi longgar hal ini akan mengakibatkan asam lambung akan keluar dari perut sehingga menyebabkan timbulnya penyakit asam lambung. Penderita asam lambung umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena stres, keturunan, penggunaan obat tertentu, kurang olah raga, keadaan hamil, gastroparesis dan bisa juga diakibatkan karena banyak makan yang berlemak dengan jenis lemak jahat.

Cara Menurunkan Asam Lambung

Bagi penderita penyakit ini sebaiknya segera melakukan terapi cara menurunkan asam lambung. Dengan membiasakan makan tepat waktu dan mengganti menu makanan yang biasanya dikonsumsi dan menjaga diri agar tidak tergoda dari pengaruh lingkungan.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Dari segi makanan yang dianjurkan adalah untuk mengurangi makanan pedas dan berlemak jahat, mengurangi kafein, hindari makanan yang mengandung gas dan makan yang teratur, perbanyak minum air putih. Hendaknya sering memakan wortel, brokoli, minum jamu kunyit, kacang hijau, susu kambing, timun, mangga dan air kelapa. Terapi minum minyak kelapa murni (VCO) sehari 2 kali 1 sdm, yang disertai sarapan pagi yaitu makan lontong dengan krupuk kulit sapi yang asli selama 2 bulan. Untuk mengeceknya cobalah periksakan ke dokter dan lihat betapa hebatnya khasiat VCO  untuk lambung anda.

Mungkin dalam benak fikiran pembaca ada yang mendebat, lambung terlalu asam kok malah disiram minyak kelapa yang notabene berupa asam lemak, apa malah tidak tambah parah?. Sudah berulang kali disampaiakan dalam blog ini, bahwa jenis asam lemak dalam VCO adalah asam lemak essensial yang cepat mengatasi peradangan, luka luar maupun luka dalam termasuk pada dinding lambung. Asam lemak pada VCO juga mengefektifkan kerja lambung dalam mencerna makanan. Memang jika belum terbiasa, pertamakali minum minyak ajaib ini perut suka kaget dan tidak nyaman...., ini bisa diatasi dengan didahului minum air putih dulu atau sedikit buah manis.

Enzim Pada Lambung

Pada sistem pencernaan kita terutama di lambung, enzim mempunyai peranan yang sangat penting yaitu untuk mengubah makanan yang berawal dari zat yang kompleks berubah menjadi zat yang lebih sederhana yang akan lebih mudah diserap tubuh. Pada proses pencernaan dan pengolahan makanan lambung akan menghasilkan enzim renin, enzim pepsin dan enzim lipase.
Enzim renin adalah enzim yang fungsinya mengendapkan suatu zat kasein yang berasal dari air susu. Kasein merupakan protein yang terkandung pada susu atau disebut juga dengan keju.
Enzim pepsin adalah enzim pada lambung dan fungsinya mengubah protein agar menjadi pepton.
Enzim lipase adalah enzim yang fungsinya mengubah zat lemak agar menjadi asam lemak dan juga gliserol. Protein yang masuk pada saluran pencernaan merupakan senyawa yang terdiri dari susunan molekul-molekul yang kompleks dan harus disederhanakan lagi menjadi molekul lebih sederhana atau pepton oleh enzim pepsin ini agar mudah diserap lagi oleh tubuh.

Letak Lambung

Letak lambung adalah pada bagian kiri atas perut dan membentang sampai ke tengah, di bagian bawah ujung tulang rusuk yang tengah atau xiphoideus.

Letak Lambung

Sayangilah lambung dengan cara makan tepat waktu dan atur pola makan yang benar dan sehat, biasakan olahraga dan tidur yang cukup. Konsumsi minyak kelapa murni (VCO) dengan rutin agar tubuh tetap sehat dan fit juga tidak mudah sakit.


Demikian sedikit ulasan tentang kesehatan lambung sebagai bagian organ dalam sistem pencernaan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan...., bahwa proses cerna makanan dalam lambung adalah proses kedua yang sebelumnya makanan telah lebih dahulu mengalami pencernaan keras dalam mulut kita. Jadi lebih sempurna jika kita juga perlu memperhatikan kesehatan mulut dan gigi, agar makanan yang turun ke lambung benar-benar telah halus dan tidak terlalu membebani kerja lambung.