Menu Makanan Balita dan Cemilan Sehat untuk Anak

Ingin Balita Anda Cerdas Juga Sehat? Berikan Tahu dan Telur

Kebutuhan protein pada setiap anak balita sama penting seperti serat, vitamin dan karbohidrat. Oleh karena itu asupan makanan terutama sumber protein tidak boleh terlewatkan. Tahu, susu dan juga telur bisa diberikan pada si buah hati agar kebutuhannya terpenuhi. Maka dari itu kita sebagai ibu harus selalu siap sedia memberikan menu makanan balita kita dengan beragam dan memiliki asupan yang cukup untuk memenuhi tumbuh kembangnya.

Ketika anak berusia balita atau dibawah lima tahun ini, proses tumbuh kembang sang balita sedang berlangsung paling cepat. Untuk menunjang proses tumbuh kembang tubuh balita sangat membutuhkan makanan yang penuh nutrisi. Dari penyajian dan ragam menu makanan balita ini juga disesuaikan sesuai dengan usianya, misalnya untuk penyajian menu makanan balita 1 tahun, menu makanan balita 2 tahun atau menu makanan balita 2 tahun keatas.

Telur

 Menu Makanan Balita 1 Tahun

Kandungan protein hewani dan vitamin D yang terkandung dalam telur dipercaya dapat membantu untuk menyerap kalsium. Telur bisa kita sajikan (diberikan) ketika waktu sarapan pagi dengan minuman sehat yaitu segelas susu, agar tidak cepat lapar saat disekolah.

Tahu

 Menu Makanan Balita 1 Tahun

Makanan yang bertekstur lembut ini merupakan sumber protein nabati yang mempunyai sifat anti kanker. Oleh karena itu amat sangat baik jika makanan ini (tahu) sangat baik dan juga sehat untuk diberikan pada buah hati kita. Dalam penyajiannya bisa kita berikan pada campuran sup atau dibuat omelet.

Kedelai Hitam

 Menu Makanan Balita

Selain sebagai sumber protein nabati, kedelai juga mengandung kalsium dan serat yang memang sangat dibutuhkan oleh anak-anak terutama untuk anak dibawah 5 tahun. Sari kedelai bisa juga kita dapatkan pada kecap, bisa kita padukan untuk campuran pembuatan makanan tertentu.

Yogurt

 Menu Makanan Balita

Kandungan bakteri yang menyehatkan pada yogurt sangat baik untuk tubuh anak, selain itu yogurt juga memiliki kandungan banyak protein. Yogurt selain bisa langsung diminum juga bisa kita tambahkan sedikit madu alami asli juga bisa kita beri taburan buah-buahan misalnya potongan kecil strowbery yang memiliki rasa asam dan segar, atau tambahkan dengan buah kering dengan tujuan untuk meningkatkan energinya.

Susu

 Menu Makanan Balita

Kandungan protein dan juga kalsium banyak terdapat dalam susu. Susu merupakan minuman sehat yang wajib diberikan untuk anak-anak, terutama anak balita yang memang masih sangat membutuhkan asupan protein dan kalsium dalam masa tumbuh kembangnya, khususnya untuk membangun jaringan otaknya. Dan kalsium ini sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang dan juga gigi agar lebih kuat.

Menu Makanan Balita 1 Tahun

Usia balita adalah masa-masa emas sang buah hati dimana sedan berlangsungnya untuk cepat tumbuh dan juga berkembang, dengan mengaktifkan seluruh indra tubuh yang dimilikinya. Maka sudah kewajiban kita sebagai orang tua, khususnya sang ibu untuk selalu tanggap dan waspada dan memberi perhatian secara penuh untuk memberi kebutuhan sang buah hati. Menu makanan balita 1 tahun sebaiknya diberikan dengan aneka pilihan tentunya menu makanan sehat yang terbaik. Misalnya :
Sup kacang merah
Bubur udang sayur bayam
Macaroni dengan salmon dan brokoli
Nasi tim daging dan telur
Sup ikan kakap dan tahu
Sesekali nasi diganti pasta, kentang atau roti hidangkan dengan sayur dan lauk.

Untuk cemilan balita usia 1 tahun, misalnya :
Roti
Omelet tahu dan telur.
Pudding wortel
Puding roti susu coklat,dll.

Menu Makanan Balita Diatas 1 Tahun

Asupan nutrisi pada balita sangat penting hal ini untuk membantu mengoptimalkan daya ingat anak. Karena kemampuan juga cara menghafal anak sebagian besar diperoleh dari makanan yang bergizi. Menu makanan balita diatas 1 tahun, tentulah harus merupakan menu makanan sehat balita yang bervariasi juga penuh gizi. Misalnya :
Nasi tim keju dengan sumsum sapi
Nasi tim ayam dan wortel
Bubur kentng brokoli
Telur panggang
Sup bakso tahu,dll.
Namun dalam penyajiannya sang bundalah yang harus lebih jeli dan lebih inisiatif untuk memberi asupan makan yang penuh gizi, protein dan vitamin yang seimbang. Selalu siapkan cemilan sehat untuk anak, misalnya buah-buahan atau biscuit, agar anak tetap selalu aktif dan perut tetap terjaga.  Jangan lupa masukan biji-bijian ke dalam menu makanan sehat balita anda. Bisa juga memanfaatkannya sebagai salah satu kudapan sehat anak. Kandungan protein yang tinggi, vitamin E dan lemak baik bahkan kaya antioksidan, magnesium dan mineral yang ada pada biji-bijian ini sangat baik untuk masa perkembangannya.

Nutrisi Alami Tinggi Untuk Balita

Selain menu makanan sehat balita sangat dianjurkan untuk memberi nutrisi alami tinggi untuk balita. Dengan memberikan VCO asli ( Virgin Coconut Oil )minyak kelapa murni dari buah kelapa ini kaya akan nutrisi alami yang aman dan menyehatkan. Karena kandungannya yang kaya akan gizi dan melindungi tubuh balita dari berbagai macam bakteri, jamur dan virus. Kandungan sam laurat yang akan membantu proses penyembuhan penyakit juga menjaga daya tahan tubuh anak serta rambut dan kulitnya pun akan lebih sehat. Rutinlah memberikan VCO terbaik untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan lainnya. Sesekali berikan air kelapa muda, bisa diberikan pada siang atau menjelang sore hari.
Berikan rasa hangat dan kasih sayang untuk buah hati, agar selalu merasa senang sepanjang hari. Ceritakan kisah menarik dan mengandung pelajaran, karena sang anak sedang belajar tentang kehidupan barunya. Hal ini juga akan lebih mendekatkan ikatan batin antara ibu dan buah hati.
            
Sejarahwan Amerika yang terkenal Washington Irving menyatakan bahwa seorang ibu adalah sahabat sejati dan hanya ibulah yang akan tetap bersama kita sebagai anaknya dalam semua kesedihan, kesusahan bahkan saat tergelap di dalam hidup kita. Figur seorang ibu sangatlah penting karena akan memberikan pengaruh perkembangan mental juga emosional untuk buah hati kelak di masa depannya.