5 Jenis Sayuran yang Bagus untuk Kulit



 Salam sehat dan cantik selalu wahai saudaraku.
Berikut ini saya coba berbagi info tentang aneka sayuran yang baik untuk kulit jika dikonsumsi maupun dimanfaatkan untuk terapi perawatan kulit tubuh agar putih dan sehat. Tujuannya  bukan hanya agar putih saja tetapi juga kencang dan halus, terhindar dari keriput dan penuaan dini. Sepertinya ini lebih cocok untuk kaum hawa, meskipun memang menjadi hal penting sebagai tips menjaga kesehatan kulit pada pria juga.

Cara Agar Kulit Menjadi Putih dengan Paprika
            Sudah sering kita mendengar buah paprika, yang lebih populer menjadi bagian keluarga sayuran. Ada yang warna merah kuning dan hijau, warnanya cerah mendukung masakan anda tampak sumringah membangkitkan selera. Biasa dicampurkan pada oseng/tumisan, masakan seafood, beberapa olahan daging dan ayam, yang tujuannya meningkatkan tampilan dan mempertajam rasa. Para ahli kesehatan dan kecantikan dalam studinya menemukan bahwa karotenoid adalah antioksidan yang terkandung dalam sayuran kuning dan orange termasuk salah satunya adalah paprika. Karotenoid sangat efektif mengurangi kepekaan kulit terhadap dampak buruk sinar matahari yang mengakibatkan kulit kusam. 


jenis sayuran yang bagus untuk kulit

Wanita yang rajin makan sayuran berwarna hijau, kuning dan merah yang cerah dengan teratur cenderung memiliki sedikit keriput atau kerutan, terutama pada area sekeliling mata. Bukankah keriput atau kulit kendur di dekat mata serta kantung mata membuat anda terlihat beberapa tahun lebih tua bukan?. Tidak hanya  terhindar dari kerutan, rajin mengonsumsi paprika dalam jangka waktu lama juga mampu membuat kulit anda berseri, putih dan bersih. Kalau yang berkulit hitam, coklat atau sawo matang bagaimana?. Ya paling tidak manfaat pertama diatas untuk kehalusan dan kelembutan akan tetap didapat, yang jelas kulit tidak menjadi kusam. Biasakan konsumsi 2 cangkir irisan paprika setiap hari, dengan dicampurkan pada menu masakan anda. Lebih mantap lagi bila masaknya menggunakan minyak herbal kelapa atau yang kategori virgin coconut oil akan lebih bagus lagi. Masih ingatkan bedanya minyak masak herbal kelapa dengan virgin coconut oil?
           

10 Hari Pemutih Kulit Tanpa Jerawat dengan Kacang Merah

            Jika anda pergi ke desa-desa pada areal pertanian, sering dijumpai masyarakat yang menanam kacang merah. Ada yang ditanam pada areal perkebunan khusus ada pula ditanam di sawah sebagai selingan antara panen padi pertama dan berikutnya. Biasanya ditanam bersama kacang hijau dan kacang panjang dan tanaman palawija lain. Tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan unsur hara pada tanah.


Sayuran yang Bagus untuk Kulit

            Kacang merah memiliki kandungan seng ( Zink ) yang tinggi. Seng memiliki efek penyembuhan yang kuat pada luka di kulit anda. Terlebih konsumsi pada kulit yang sehat akan menunjukan hasil yang luar biasa. Tidak perlu makan waktu berbulan-bulan jika anda rutin memakan kacang merah maka temukan keajaiban 10 hari pemutih kulit tanpa adanya jerawat. Ini karena Tipikal zat seng sebagai antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri yang memperparah efek jerawat pada kulit. Pada zaman dahulu, wanita-wanita leluhur Nusantara biasa membuat ramuan yang berasal dari tumbukan kacang merah dicampur dengan beberapa sendok minyak kelapa murni. Untuk orang yang bermasalah dengan kulit misalnya kena luka sayat, jerawat, eksim bahkan bisul maka ramuan ini berlaku sebagai salep, sedangkan bagi kulit sehat ramuan ini dimanfaatkan seperti lulur untuk cara menghaluskan dan memutihkan kulit.
            Pemanfaatan kacang merah diatas itu adalah untuk pemakaian luar, sedangkan untuk pemakaian dari dalam maka kacang merah bisa dijadikan menu makanan lezat seperti sup kacang merah, bubur kacang merah maupun oseng-oseng sayuran hijau dengan taburan kacang merah. Kacang merah juga kaya gizi seperti vitamin E, protein dan beberapa mineral penting. Memakan kacang merah rutin sebanyak secangkir sehari selama 10 hari berturut akan menjaga kesehatan tubuh dan menjadikan kulit bersih , halus dan putih. Jangan lupa dalam memasak gunakan minyak goreng kelapa untuk menjaga keutuhan kandungan gizi sekaligus meningkatkannya.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dengan Kedelai

            Untuk mengencangkan kulit wajah dari luar, Anda bisa membuat lulur yang terbuat dari 4 macam bahan alami yaitu susu kedelai, minyak kelapa murni organik, bubuk kopi hitam dan sedikit parutan kunyit. Cara alami merawat kulit wajah dengan kunyit sebetulnya sudah dibahas dalam artikel lain di blog ini, tetapi sekarang dilengkapi dengan alternatif lain. Selanjutnya balurkan pada wajah dengan pijatan pelan, diamkan 15 – 30 menit baru bilas dengan air bersih. Boleh juga menggunakan sabun muka herbal untuk membilasnya lebih sempurna. 


Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dengan Kedelai

Adapun untuk konsumsi dari dalam, kita sudah tidak asing dengan kandungan gizi kedelai yang zaman sekarang dengan perkembangan teknologi pertanian melahirkan banyak produk turunan seperti kecap, tempe, tahu dan lain-lain. Itu yang berupa makanan, sedangkan minuman berupa susu kedelai sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya. Rutin meminum susu kedelai akan menyeragamkan warna kulit. Jadi tidak belang belang seperti zebra ya...,hahaha....bercanda.
Kedelai mengandung banyak mineral dan kaya protein yang terbukti mengurangi hiperpigmentasi pada kulit wajah maupun seluruh tubuh. Proteinnya tentu sangat dibutuhkan untuk regenerasi sel-sel kulit. Hiperpigmentasi bisa terjadi salah satunya karena dipicu dampak paparan sinar ultraviolet matahari. Dengan rajin mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan kedelai akan meminimalisir atau mencegah timbulnya bintik matahari pada kulit. Lebih baik lagi untuk memperkuat pertahanan kulit dari luar, gunakan extra virgin coconut oil sebagai tabir surya pada bagian kulit yang tidak tertutup pakaian jika anda berjemur di pantai maupun berolahraga.

Menghaluskan kulit  Secara Alami dengan Biji Kenari

            Biji kenari dalam bahasa internasional disebut walnut. Memakan kenari yang dicampurkan dalam snack untuk cemilan maupun dalam bentuk minyak biji kenari untuk memasak sangatlah bermanfaat untuk kulit anda. Kandungan Omega-3 dan asam lemak esensial lainnya mampu menigkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan sel yang hasilnya adalah kulit halus dan lembut. Zat tembaga dan mineral yang terkandung pula dalam biji kenari dapat memproduksi Kolagen yang sangat berguna dalam memperbaiki tekstur kulit anda setelah masa penyembuhan luka pada kulit.


            Saya tidak akan banyak membahas minyak biji kenari lebih lanjut karena sebagian sudah pernah dituliskan pada artikel terdahulu. Yang jelas bahan makanan yang tergolong kelompok sayuran dalam bentuk biji ini sangat bermanfaat untuk kehalusan dan efektif sebagai bagian cara merawat kulit wajah agar putih.

Tips Agar Kulit Putih Bersih dan Merona dengan Teh Hijau

            Daun teh saya beranikan diri untuk digolongkan sebagai sayuran, mengapa demikian?. Karena selain terkenal sebagai bahan baku minuman favorit, saat ini banyak koki yang mulai menaburkan daun teh segar dalam menu masakan tertentu. Bahkan ketika berwisata kuliner saya menjumpai di daerah Purwokerto Provinsi Jawa Tengah – Indonesia, ada gerai makan pinggir jalan yang menyajikan Ayam Panggang Asap Teh Madu yang sangat lezat dengan aroma khas daun teh hijau.


sayuran yang bagus untuk kulit

            Antioksidan dalam teh khususnya yang bernama EGCG terbukti mengurangi ruam kemerahan pada kulit. Dalam studinya, seorang konsultan nutrisi di kota New York USA bernama Jeffrey Morrison, MD menunjukan bahwa teh hijau sangat efektif melawan radang atau inflamasi pada kulit dan bagian tubuh lain. Secangkir teh hijau sehari mampu mencegah efek ruam kemerahan pada orang dengan kulit sensitif. Bahkan seorang ahli kesehatan bernama Dr. Andrew Weil menyarankan untuk mandi berendam dalam air dengan campuran teh hijau untuk merawat kesehatan se-sel kuit tubuh. Luar biasa bukan?.  

Saudara-saudaraku yang menyukai kesehatan dan kecantikan , demikian sekilas informasi tentang beberapa jenis sayuran yang bagus untuk kulit. Pastinya tidak hanya sebatas 5 jenis saja, tetapi saya tertarik membahas ini terlebih dahulu karena keunikannya. Pada lain waktu mungkin saya berkesempatan menyampaikan beberapa lagi  jenis sayuran yang bagus untuk kulit khususnya atau untuk kesehatan tubuh pada umumnya. Selamat berkarya, jangan lupa untuk selalu berbahagia.